Satgas NU Pundong Bagikan Paket Kebersihan dan Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1441H
Paket kesehatan yang dibagikan MWCNU Pundong ke masyarakat jelang bulan suci ramadhan

Satgas NU Pundong Bagikan Paket Kebersihan dan Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1441H

Posted on

PUNDONG, BANGKITMEDIA

Menjelang datangnya bulan puasa, Satgas NU Pundong melakukan pembagian paket kebersihan dan jadwal imsakiyah bulan Ramadhan 1441 Hijriyah pada Jum’at, (17/4/2020.)

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

Menurut Ketua Satgas NU Pundong Jarot Mujikaryanto, kedatangan bulan puasa dalam situasi masa wabah Covid-19 ini, jamaah nahdliyin diharapkan bisa menjaga kebersihan diri dan kesehatan agar tetap fit supaya terhindar dari paparan virus corona.

“Siang ini, kami Satgas NU Pundong membagikan masker, jadwal imsakiyah puasa, cairan disinfektan, hand sanitizer, dan hand soap kepada Pengurus Anak Ranting Nahdlotul Ulama (PAR-NU) di masing-masing dusun se-kecamatan Pundong,” kata Jarot.

Paket kebersihan tersebut, lanjutnya, disalurkan lewat AR-NU untuk diberikan kepada warga pemegang NU-Koin. Sedangkan, jadwal imsakiyah selain diperuntukkan untuk warga juga akan ditempelkan di masjid atau mushola se-Pundong.

“Penyaluran cairan disinfektan dialokasikan untuk setiap RT yang ada wilayah masing-masing AR-NU. Setiap RT akan mendapatkan mendapatkan 1 liter,” tambah.

Jarot menjelaskan bahwa dalam tekniss penyalurannya, juga mengundang perwakilan Anak Ranting NU se-Pundong ke Posko Satgas di Kantor MWC NU Pundong. Selanjunya, teknis disinfektasi ke rumah-rumah warga kami serahkan pelaksanaannya kepada pengurus AR-NU.

Wabah virus corona di Indonesia setidaknya telah menyerang 5.516 positif terjangkit Corona, serta 496 orang meninggal dunia per 16 April 2020, di sisi lain adanya wabah corona di Indonesia juga berdampak buruk pada ekonomi masyarakat bawah, pelaku usaha sektor informal, buruh harian, hingga para karyawan swasta yang diliburkan bahkan di-PHK sehingga kehilangan penghasilan.

Situasi sulit seperti saat ini, direspon oleh NU Pundong dengan memberikan dukungan solidaritas, membersamai warga terdampak dengan memberikan donasi paket kebersihan diri.

Baca Juga >  Rapat Kerja Unik Ala PAC IPNU dan IPPNU Imogiri

Dalam waktu yang sama, sekretaris Lazisnu Pundong Jadmiko, mengatakan bahwa paket kebersihan diri kami adakan dan bagikan kepada warga sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona.

“Paket kebersihan terdiri dari masker, cairan disinfektan, hand sanitizer, dan handsoap, yang akan diberikan kepada warga nahdliyin,” ungkap Jadmiko.

Jadmiko menuturka bahwa untuk masker, hand sanitizer, dan handsoap telah disiapkan per itemnya masing-masing berjumlah 2.500 buah. Sedangkan cairan disinfektan telah ada 250 liter. Masing-masing RT akan dialokasikan 1 liter.

“Pengadaan barang-barang tersebut terlaksana dari pembiayaan Lazisnu untuk mendukung kerja-kerja Satgas NU Pundong dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19 di wilayah Kecamatan Pundong,” terangnya.

Pelaksanaan pembagian paket kebersihan dan jadwal imsakiyah diselenggarakan di Kantor MWC NU Pundong. Dimulai sejak pukul dua siang hingga berakhir jelang waktu maghrib.

Ketua MWC NU Pundong Mustafied Amna menyampaikan, program pembagian paket kebersihan dan jadwal imsakiyah merupakan program bersama yang dijalankan Satgas NU Pundong, didukung Lazisnu, Pemuda Ansor dan Fatayat, para relawan serta para mitra donatur.

“Tujuan kami adakan pembagian paket kebersihan ini agar warga menjaga kebersihan dan kesehatan diri, lebih rajin cuci tangan, dan menggunakan masker jika ada urusan penting di luar rumah,” ujar Mustafied.

Hal pokok lainnya, lanjut Mustafied, lewat program ini jam’iyah NU Pundong bermaksud hadir sebagai bagian masyarakat.

“Melakukan pendampingan dan edukasi untuk menjaga kesehatan agar terhidar dari paparan Covid19,” tandasnya.

Kontributor: Markaban Anwar