kh ulil albab arwani

Pesan KH Ulil Albab Arwani Kudus tentang Menghafalkan Al-Qur’an

Posted on

Pesan-pesan Abah KH Muhammad Ulil Albab Arwani untuk Santri-santri Yanbu’ul Qur’an Boarding School 1 Pati.

Selepas Khotmil Qur’an dan Tahlil di Makam Simbah KH Muhammad Arwani Amin Said Kudus pada Hari Kamis 03 Januari 2019, para santri mendapatkan Mau’idhoh Hasanah dari Abah KH Muhammad Ulil Albab Arwani. Beliau berpesan kepada para santri Yanbu’ul Qur’an 1 Pati untuk:

1. Semangat dalam menghafalkan Al-Qur’an dan belajar. Karena “الهمة العالية من الإيمان”, cita-cita yang tinggi dalam belajar, dalam menghafalkan Al-Qur’an termasuk sebagian dari Iman. Hendaknya kita selalu semangat dan senang dalam belajar, mengaji dan menghafal Al-Qur’an. Karena hati yang senang dan semangat yang kuat akan memudahkan kita dalam menghafalkan Al-Qur’an. 

2. Mau tirakat dan hidup sederhana. Sebab, jika nafsu manusia tidak dilatih untuk meninggalkan yang enak-enak, maka ia akan menjadi manja. Ketika seseorang menjadi manja, maka ia akan menjadi pribadi yang lemah dalam menghadapi segala hal, utamanya dalam mengalahkan nafsunya sendiri. Ketika kita bisa mengendalikan nafsu, maka akan mudah dalam menghafalkan Al-Qur’an. 

3. Ketika menghafalkan Al-Qur’an, sering-sering menghela nafas dalam-dalam. Dengan menghela nafas dalam-dalam, maka syaraf pikiran kita menjadi renggang dan rileks, sehingga bisa konsentrasi penuh dan siap dipergunakan untuk menghafalkan Al-Qur’an. 

4. Ketika hendak menghafalkan Al-Qur’an, berdoa dulu dengan doa-doa yang sudah dihafal selama 5 menit untuk mengkondisikan pikiran dan hati supaya siap dalam menghafalkan Al-Qur’an. Boleh berdoa dengan menggunakan Surat Al-Fatihah, Al-Ikhlash, dan doa-doa pendek lain seperti: “رب اشرح لي صدري ويسر لي أمري واحلل عقذة من لساني يفقهوا قولي”, “رب زدني علما”. 

5. Ketika menghafalkan Al-Qur’an, seyogyanya pandangan mata sejajar dengan Al-Qur’an. Tidak menunduk. Sebab, jika menunduk, kebanyakan ngantuk. Pandangan mata yang sejajar dengan Al-Qur’an akan membantu kita dalam berkonsentrasi dalam menghafalkan Al-Qur’an.

Sumber: Fb Yanbu’ul Qur’an Boarding School 1 Pati.