Peringati Harlah ke-17 PP. Luqmaniyah Yogyakarta Gelar Khataman al-Qur’an 17 Kali

Posted on

            Santri Yang Membaca Al-Qur'an Yogyakarta. Bangkit Media. Dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-17, Pondok Pesantren Luqmaniah Yogyakarta menggelar khataman al-Qur’an sebanyak 17 kali, Kamis (09/2). Khataman al-Qur’an tersebut dimulai setelah subuh dan berakhir menjelang maghrib.

Salah satu santri pondok Luqmaniyah, Charismanto menuturkan bahwa acara khataman al-Qur’an ini melibatkan seluruh santri Luqmaniyah, baik putra maupun putri.

“Jadi setiap kamar santri, mendapatkan jatah untuk membaca al-Qur’an sebanyak 6 Juz,” kata Charis.

Setelah al-Qur’an berhasil dikhatamkan sebanyak 17 kali sebelum maghrib, malam harinya diadakan doa bersama khatam al-Qur’an dan shalawatan.

Acara khataman al-Qur’an sebanyak 17 kali tersebut merupakan salah satu rangkaian acara memperingati hari ulang tahun pesantren Luqmaniyah. Selain acara tersebut, ada juga turnamen futsal santri se-DIY dan Festival hadroh se-DIY yang akan diselenggarakan pada Jum’at siang.

Pondok Pesantren Luqmaniyah merupakan salah satu pesantren di Yogyakarta yang didirikan oleh H. Luqman Jamal Hasibuan tahun 1999 dan diresmikan oleh KH. Salimi, tokoh agama asal Mlangi pada tanggal 9 Februari 2000. Selanjutnya, PPLQ  diasuh oleh KH. Najib Salimi, putera kedua dari KH. Salimi, yang merupakan alumni dari API Tegalrejo Magelang asuhan KH. Abdurrahman Chudlori. Ketika KH. Najib Salimi wafat tahun 2011, Pondok Pesantren Luqmaniyah hingga kini diasuh oleh Istri Kiai Najib, Ibu Nyai Hj. Siti Chamnah Najib dengan dibantu keluarga. (Nur Rokhim)