Proses Pengecoran

Pengurus Ranting NU Seloharjo Ngecor Lantai Dua

Ketua Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Seloharjo, Jumakir S.Pd.I mengatakan jika pembangunan Kantor Ranting NU Seloharjo menggunakna filosofi hewan rayap.

Berita NU, BANGKITMEDIA.COM

Hari Minggu (11 November 2018) pagi, Ranting NU Seloharjo, Pundong, Bantul melakukan pengecoran lantai 2 Kantor NU Seloharjo. Pengecoran ini dihadiri oleh jamaah Ranting NU (Jelapan, Poyahan, Blali, Biro dan Ngentak) dan Warga sekitar wilayah Ranting NU Seloharjo seperti Kec Kretek.

Dalam pembangunan fisik maupun non fisik, Pengurus Ranting NU Seloharjo bekerjasama dengan pemerintah Desa Seloharjo. Pembangunan fisik tersebut misalnya membangun jalan menuju kantor melalui warga sekitar, dukuh, BPD dan bapak lurah dengan dana desa dan sertifikat tanah wakaf melalui program pemutihan tanah.

Ketua Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Seloharjo, Jumakir S.Pd.I mengatakan jika pembangunan Kantor Ranting NU Seloharjo menggunakan filosofi hewan rayap.

“Rayap adalah binatang kecil seperti semut, dan mereka sangat terampil. Sarang-sarang yang kalian lihat di gambar-gambar yang tampak seperti menara tinggi itu dibangun oleh makhluk-makhluk kecil ini. Tetapi, jangan salah, ini bukanlah sarang biasa. Rayap membangunnya sesuai dengan perencanaan tertentu. Kamar-kamar khusus bagi rayap-rayap muda tempat penanaman jamur, dan ratu rayap adalah sedikit contoh saja dari bagian dalam sarang rayap,” ujar Jumakir.  Lebih penting lagi, lanjut Jumakir, sarang rayap juga membangun suatu sistem pertukaran udara khusus.

Baca Juga >  KH. Asyhari Abta: Mengenali Jam’iyah NU Itu Mudah!

“Rayap, yang berkulit sangat tipis, membutuhkan udara lembab. Karena itu, mereka harus mempertahankan suhu dan kelembaban sarang pada tingkat tertentu. Kalau tidak, rayap akan mati,” tandas Jumakir.

Sementara itu, Ketua Pembangunan Kantor NU Seloharjo Sunardi berharap kantor ini nantinya menjadi pusat kegiatan bersama.

“Ini nanti akan digunakan bersama-sama meliputi anak-anak, pemuda-pemudi, ibu-ibu dan bapak-bapak, dan terbuka lebar untuk kegiatan ke-NU-an pada khususnya. Semoga bisa bermanfaat untuk NU dan membawa keberkahan untuk semuanya,” kata Sunardi

Sunardi juga meminta doa kepada seluruh warga NU agar pembangunan berjalan lancar

“Mohon doanya, kepada warga NU (mulai dari banom-banom NU, Ranting, MWCNU, PCNU Kab Bantul dan PWNU DIY) agar pembangunan gedung Ranting NU Seloharjo ini berjalan lancar,” tegas Sunardi. (rls/rk)