kader nu

MWC Pundong Distribusikan Air Bersih di Dusun Gowak

Posted on

Sebuah organisasi sedianya hadir dan mengimplementasikan kegiatan-kegiatan dengan dampak nyata untuk kebutuhan warga masyarakat. Demikianlah yang dilakukan oleh MWC NU Pundong Bantul, mendistribusikan air bersih di sebagain wilayah kecamatan Pundong, tepatnya di Dusun Gowak, Desa Seloharjo, Pundong, Bantul, Selasa 03 Desember 2019.

Menurut Jarot Mugikaryanto, tim sosial ekonomi MWC Pundong, kegiatan ini untuk merespon kegelisahan warga Dusun Gowak yang kesulitan air bersih akibat kemarau panjang. Sudah mafhum, bahwa musim kemarau tahun ini berlangsung sangat panjang dan menyebabkan sejumlah wilayah mengalami kekeringan dan kesulitah air bersih.  Pada awal November ini, sebagian wilayah di Kabupaten Bantul termasuk di kecamatan Pundong memang sudah mulai turun hujan. Namun tidak berarti kebutuhan air bersih langsung bisa terpenuhi.

“Seingat saya, hujan deras di Pundong turun dua kali, itupun dengan durasi sebentar, sehingga air langsung terserap hilang ke dalam tanah. Sejumlah daerah, saat ini, misalnya dusun Gowak masih mengalami kesulitan air. Untuk itulah MWC Pundong menginiasiasi untuk mendatangkan truk tangki air bersih ke dusun Gowak, membantu masyarakat yang kesulitan air bersih di dua bulan terakhir,” tegas Jarot.

Baca Juga >  MWC NU Piyungan Ajak Jamaah Memperkuat Keimanan

Sementara Sekretaris MWC NU Pundong, Jatmiko, menegaskan bahwa distribusi air bersih di dusun Gowak, dilaksanakan pada Selasa, 03 Desember 2019. Sumber pendanaan kegiatan ini bersumber dari donasi warga NU Pundong, dan didukung juga oleh LAZISNU Pundong.

“Ada dua truk tangki air bersih didatangkan, air bersih kemudian dipindahkan ke bak tandon penampungan di dekat Masjid Al Ihlas, Gowak, Seloharjo, Pundong,” tuturnya.

Suhud Darmono, selaku ketua LAZISNU Pundong menambahkan, distribusi air bersih yang dilakukan oleh MWC Pundong disambut baik oleh warga. Orang-orang datang datang berduyun-duyun di sekitar Masjid Al Ihlas-Gowak ikut membantu proses pemindahan air bersih dari tangki ke tandon bak penampungan.

“Ini merupakan kegiatan sosial yang didukung penuh pendanaannya melalui donasi warga NU Pundong. Kegiatan-kegaitan sosial akan terus dikembangkan oleh MWC NU sebagai wujud kehadiran NU untuk kemaslahatan umat,” tegasnya.

Pewarta: M. Anwar, warga NU Pundong.