Kekeringan Melanda, LAZIS NU Pundong Salurkan Air Bersih

Kekeringan Melanda, LAZIS NU Pundong Salurkan Air Bersih

Posted on

Kekeringan Melanda, LAZIS NU Pundong Salurkan Air Bersih.

(Pundong, Bantul) Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kecamatan Pundong mendistribusikan air bersih ke Dusun Gowak, Seloharjo, Pundong, Bantul, Yogyakarta, Senin (31/8/2020) siang.

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

Pengurus Ranting Nahdlotul Ulama (PRNU) Desa Seloharjo, Abah Jalaluddin menyampaikan bahwa kegiatan penyaluran air bersih ini bisa terselenggara berkat geliat PRNU Seloharjo dalam merespon kebutuhan warga dusun Gowak yang mengalami kesulitan air bersih, dampak dari musim kemarau.

Seloharjo adalah wilayah pedesaan  yang terletak di sisi Timur-Selatan Kecamatan Pundong, berkontur perbukitan karena letaknya di kaki Pegunungan Seribu.

Untuk menuju desa Seloharjo, rute yang mudah dengan lewat Jalan Parangtritis Km.19 ada simpang empat Paker ambil ke Timur, ikuti jalan aspal sejauh dua kilometer hingga ‘mentok’, kemudian belok ke kanan arah Selatan sampai ketemu jembatan Gunungpuyuh-Soka, jembatan yang membentangi Kali Opak. Usai lewati jembatan inilah wilayah Desa Seloharjo.

Wilayah Seloharjo yang notabene berkontur pegunungan ini memang sudah langganan mengalami kesulitan air bersih pada musim kemarau.

“Hari ini, dua truk tangki air bersih kita datangkan ke Dusun Gowak RT 07, air bersih dari tangki kemudian kami alirkan di bak-bak penampungan, supaya bisa diakses warga terutama untuk kebutuhan air minum.”

Baca Juga >  LAZISNU Pundong Bantu Pembangunan MI Maulana Maghribi

“Kami PRNU Seloharjo mengucapkan banyak terimakasih kepada para donatur yang telah menyalurkan shadaqoh lewat Lazisnu Pundong. Adanya kegiatan ini bisa terlaksana karena didukung dan didanai Lazisnu Pundong,” ujar Abah Jalaluddin.

Sementara itu Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlotul Ulama (MWC-NU) Kecamatan Pundong, Kyai Mustafied Amna mengatakan kegiatan-kegiatan sosial yang langsung menyentuh kebutuhan warga telah dicanangkan sebagai program sosial kemanusian oleh Lazisnu Pundong.

“Pendistribusian air bersih untuk kebutuhan warga tidak hanya kali saja dilakukan. Sejak tahun-tahun yang lalu sudah dilakukan. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan kembali, InsyaAlloh Lazisnu Pundong siap memfasilitasi untuk mengirim air bersih lagi,” ujar Kyai Mustafied Amna.

“Saat ini memang kekeringan melanda, LAZIS NU Pundong Salurkan Air Bersih ini merupakan langkah nyata NU untuk kemaslahatan warga,”pungkas Kyai Mustafied.

Pewarta: Markaban Anwar, Pundong.