tk masyitoh nangsri pundong

Indahnya Syukuran Harlah TK Masyitoh Nangsri Pundong Bantul

Posted on

Sabtu, 1 Februari 2020. Pengurus Anak Cabang Muslimat Nahdlatul Ulama (PAC Muslimat NU) Kecamatan Pundong menyelenggarakan Peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-52 TK Masyithoh Nangsri. Kegiatan dilaksanakan di Komplek Sekolah TK Masyithoh Dusun Nangsri, Desa Srihardono, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

“Ada beberapa mata acara kegiatan yang digelar dalam peringatan Hari Kelahiran (Harlah) TK Masyithoh Nangsri tahun 2020 ini, yaitu tahlilan, sambutan-sambutan, pementasan angklung oleh para siswa, pemotongan tumpeng sebagai syukuran 52 tahun berdirinya TK Masyithoh Nangsri, kemudian dilanjutkan acara makan siang dan ramah tamah.” Demikian ungkap Ibu Zuhrotul Mardiyah, anggota Dewan Sekolah TK Masyithoh Nangsri.

Alfi Munawaroh, Kepala Sekolah TK Masyithoh Nangsri dalam sambutan menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak yang mendukung terselenggaranya acara, juga menyampaikan informasi perkembangan sekolah.

“Saat ini TK Masyithoh Nangsri memiliki siswa didik sejumlah 60 siswa, 23 anak kelas TK-A dan 37 anak di kelas TK-B. Dalam pengelolaan pendidikan dan operasional keseharian TK kita ini diasuh oleh 7 orang,  6 orang guru dan 1 orang bagian tata usaha. Adapun untuk guru pendidik terdiri atas Guru Tetap (golongan PNS) 1 orang, Guru Tidak Tetap (GTT) bersertifikasi 1 orang, dan GTT non-sertifikasi 4 orang,” tegas Alfi.

Alfi juga menegaskan bahwa untuk kurikulum sekolah, pada jam awal sekolah adalah pembacaan Al-Qur’an serta hafalan bacaan sholat, pengajaran selanjutnya yaitu pendampingan pengenalan berbagai pengetahuan, nilai-nilai moral, dan keagamaandengan metode yang menyenangkan yang biasanya dilakukan dengan metode mendengar cerita, bernyanyi, atau pun menggambar.

“Misalnya, pengenalan rukun iman dan rukun islam, akan disampaikan dengan metode nyanyian, atau sambil menari sehingga anak merasa gembira, dan tidak mudah bosan. Kita juga menyampaikan terimakasih kepada para pengurus dewan guru, dewan sekolah, dan juga para wali siswa yang mempercayakan anaknya bersekolah di sini, sehingga tahun 2019 TK Masyitoh Nangsri berhasil diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) Kementerian Pendidikan dengan status akreditasi A,” lanjut Alfi Munawaroh.

Pada sambutan selanjutnya, Ibu Ponirah (Ketua PAC Muslimat Pundong) mengatakan, usia 52 tahun sebuah organisasi adalah rentang waktu yang sedianya sudah matang dan dewasa.

Baca Juga >  Peringati Harlah ke-4, SD NU Pemanahan Gelar Ngaji Parenting dan Bakti Sosial

“Saya berharap kepada Pengurus Sekolah TK Masyithoh Nangsri senantiasa menjaga ‘regeng’–kekompakan antara pengurus sekolah dengan jaringan jam’iyah NU Pundong, juga kepada para wali siswa. Ke depan, semoga pengurus lebih meningkatkan sinergitas dengan banyak pihak untuk mengembangkan pendidikan anak-anak kita,” tegas Ponirah.

“Sikap ‘Regeng’–dalam artian saling kompak gotong-royong antar pengurus sekolah, dengan dewan sekolah, dan juga wali siswa harus kita jaga dan lestarikan. Kita masih ingat pada saat bencana gempa tahun 2006 lalu yang merobohkan sekolah, semuanya terasa bingung dan tidak tahu bagaimana caranya bisa bangkit. Pokoknya hanya mengandalkan keyakinan bahwa pendidikan anak harus tetap berjalan bagaimanapun kondisinya. Gedung sekolah hancur, pengajaran di lakukan di tenda-tenda darurat, lalu berpindah di rumah warga Nangsri–yang rumahnya tidak roboh, dan berkali-kali berpindah lokasi. Juga berkat sinergi dengan banyak pihak baik pemerintah, para donatur baik perseorangan maupun organisasi non pemerintah, gedung baru bisa didirikan, hingga kita bisa menempati gedung sekolah ini. Itu semua berjalan dan terjadi karena kita bisa menjaga sikap ‘regeng’ dengan banyak orang dan organisasi lain,” lanjut Ibu Ponirah.

Di kesempatan lain, Hafidz Masturi Ali (LazisNU Pundong) menyampaikan bahwa LazisNU Pundong ikut mendukung kegiatan-kegiatan pendidikan yang diselenggarakan lembaga-lembaga jaringan dan afiliasi NU Pundong, termasuk TK Masyithoh Nangsri yang dalam naungan Muslimat NU Pundong.

“LazisNU ikut berkontribusi memberikan dukungan pendanaan baik secara berkala tahunan maupun kalau ada event-event tententu,” tegasnya.

Acara peringatan Harlah TK Masyithoh Nangsri berjalan lancar dan hangat penuh kekeluargaan. Dihadiri para siswa dan wali-siswa, Ketua Dewan Sekolah (Bpk Nur Hidayat) dan para anggota, Pak Dukuh Nangsri (Bpk. Jawadi), juga jajaran pengurus Muslimat NU Kecamatan Pundong.

(Kontributor: Markaban Anwar)