Gus Taj Yasin: Pemprov Alokasikan Insentif Guru Agama se-Jateng Sebesar Rp 205,35 M

Posted on

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) akan selalu memperhatikan para guru agama di Jawa Tengah. Pemprov juga sudah mengalokasikan anggarakan insentif guru agama sebesar Rp. 205,35 miliar.

Demikian ditegaskan Gus Yasin, panggilan akrab Wakil Gubernur Jateng, dalam acara Halal Bihalal Himpunan Mutakharijin Mutakharijat Al Anwar (HIMMA) di Pesantren Al-Fusha, Kedungwuni Pekalongan, Senin (15/07/2019).

“Komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia salah satunya diwujudkan dengan mengimplementasikan program bantuan insentif kepada guru keagamaan, yaitu para pengajar TPQ, Madrasah Diniyah (Madin), dan pondok pesantren. Pada tahun ini, Pemprov Jateng mengalokasikan anggaran insentif untuk para guru agama se-Jateng sebesar Rp 205,35 miliar dengan jumlah penerima 171.131 orang,” tegas Gus Yasin.

Info Peluang Usaha Depot Air Minum Isi Ulang by INVIRO

gus yasin

“Mas Ganjar mengajak saya untuk memperhatikan guru madin, TPQ, dan pondok pesantren. Selain guru madin, kita juga berikan bisyaroh kepada kepada hafiz-hafizah di Jawa Tengah. Itu sudah kami laksanakan. Kalau ada santri di Jawa Tengah yang hafal Alquran 30 juz, diberi sanad oleh kiainya dan dilaporkan kepada Pemprov Jateng kita beri Rp 1 juta,” lanjutnya.

Gus Yasin juga menegaskan bahwa program yang telah digulirkan oleh Pemprov Jateng tak berhenti di situ. Usai memberikan bantuan insentif untuk guru agama, pada waktu yang akan datang Pemprov Jateng juga berencana mengimplementasikan program bantuan insentif kepada takmir masjid sebagai wujud kepedulian atas dedikasi mereka selama ini dalam menjaga kebersihan dan fasilitas masjid.

Baca Juga >  Terorisme Marak, Ini Sikap ASKOPIS Indonesia

“Insya Allah, di masa depan Pemprov Jateng berdasarkan saran dari masyarakat, khususnya pondok pesantren, saya bersama beberapa instansi seperti Biro Kesra dan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jateng akan mengkaji yang diperuntukkan takmir masjid. Kita kembangkan sayap untuk perhatikan takmir masjid di Jawa Tengah,” tegasnya

Dalam kesempatan ini, Gus Yasin juga meminta para alumni Pondok Pesantren Al Anwar Sarang Rembang yang tergabung dalam Himpunan Mutakharijin Mutakharijat Al Anwar (Himma) mendoakan pengasuh PP Al Anwar KH Maimoen Zubair agar selalu sehat.

“Mohon mendoakan Mbah Moen, agar senantiasa diberikan kesehatan. Himma juga saya minta tetap menjaga semangat dalam berdakwah Islam yang rahmatan lil alamin sebagaimana diajarkan Rasulullah Muhammad Saw,” katanya. (roh)