Waktu Mustajab untuk Berdoa di Hari Jum'at

Waktu Mustajab untuk Berdoa di Hari Jum’at

Posted on

Waktu Mustajab untuk Berdoa di Hari Jum’at. Jangan lewatkan saat-saat waktu mustajab untuk berdoa di hari Jum’at, yaitu  akhir waktu, setelah salat ’Ashar pada hari Jumat.

Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu ’anhuma, Nabi Muhammad Shallallahu ’alaihi wasallam bersabda,

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

ﻳَﻮْﻡُ ﺍﻟْﺠُﻤُﻌَﺔِ ﺍﺛْﻨَﺘَﺎ ﻋَﺸْﺮَﺓَ ﺳَﺎﻋَﺔً،ﻟَﺎ ﻳُﻮﺟَﺪُ ﻓِﻴﻬَﺎ ﻋَﺒْﺪٌ ﻣُﺴَْﻠِﻢٌ ﻳَﺴْﺄَﻝُ ﺍﻟﻠﻪَ ﺷَﻴْﺌًﺎﺇِﻟَّﺎ ﺁﺗَﺎﻩُ ﺇِﻳَّﺎﻩُ، ﻓَﺎﻟْﺘَﻤِﺴُﻮﻫَﺎ ﺁﺧِﺮَ ﺳَﺎﻋَﺔٍ ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻟْﻌَﺼْﺮِ

”Hari Jumat itu waktunya ada dua belas jam. Tiada seorang muslim pun yang memohon sesuatu kepada Allah Subhanahu wata’ala dalam waktu tersebut melainkan akan dikabulkan oleh Allah Azza Wajalla. Carilah (waktu mustajab itu) pada akhir saat setelah salat ’Ashar.”
[HR. Abu Dawud, An-Nasa’iy, Al-Hakim dan Al-Baihaqy]

Pada hari Jumat yang mulia terdapat satu waktu yang mustajab untuk berdo’a. Tidaklah seorang hamba yang beriman memunajatkan doa kepada Rabbnya pada waktu itu, kecuali Allah akan mengabulkannya selama tidak meminta yang haram.

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radliyallah ’Anhu, dia bercerita: ”Abu Qasim (Rasululah) Shallallahu ’Alaihi Wasallam bersabda:

ﺇِﻥَّ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺠُﻤُﻌَﺔِ ﻟَﺴَﺎﻋَﺔً ﻟَﺎ ﻳُﻮَﺍﻓِﻘُﻬَﺎ ﻣُﺴْﻠِﻢٌ ﻗَﺎﺋِﻢٌ ﻳُﺼَﻠِّﻲ ﻳَﺴْﺄَﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﺧَﻴْﺮًﺍ ﺇِﻟَّﺎ ﺃَﻋْﻄَﺎﻩُ ﺇِﻳَّﺎﻩُ

Baca Juga >  Ayat Kursi Latin dan Artinya Serta Keutamaanya

Sesungguhnya pada hari Jumat itu terdapat satu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim berdiri berdoa memohon kebaikan kepada Allah bertepatan pada saat itu, melainkan Dia akan mengabulkannya.

“Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya, yang kami pahami, untuk menunjukkan masanya yang tidak lama (sangat singkat).”  (Muttafaq ’Alaih)

Terdapat dua pendapat besar di antara ulama tentang letak waktu tersebut.

Pertama: Sejak duduknya imam di atas mimbar sampai dengan berakhirnya salat.

Kedua: Waktu ijabah tersebut berada di akhir waktu di hari Jumat, yakni setelah ’Ashar sampai Maghrib.

Semoga Allah karuniakan pertolongan-Nya pada kita.

Demikian waktu mustajab khusus di hari jum’at. Semoga dikabulkan semua apa yang kita harapkan dan diberikan yang terbaik. Baik bagi diri kita maupun keluarga. Semoga bermanfaat dunia dan akhirat. Amin

Penulis: KH Damanhuri, Rais Syuriah PCNU Bantul.

Baca juga doa doa lainnya. Baca di sini

Tonton video kumpulan doa, tonton di sini