Khotimat Komplek Q

Sambut Haul KH. M. Munawwir, Ponpes Al-Munawwir Putri Akan Mewisuda 366 Khotimat

Posted on

BANTUL, BANGKITMEDIA.COM.

Dalam rangka memperingati Haul KH. M. Munawwir bin KH. Abdullah Rasyad, Pondok Pesantren Putri Al-Munawwir Krapyak akan menyelenggarakan Haflah Khotmil Qur’an pada hari jum’at 15 Februari 2019 di halaman Masjid Al-Munawwir.

Persiapan menjelang haflah khotmil Qur’an sudah dilaksanakan pada bulan November 2018 diawali dengan ujian untuk para khotimat dan latihan maqro’ didampingi oleh beberapa pelatih. Setelah dilaksanakannya serangkaian ujian, jumlah khotimat kini berjumlah 366 yang meliputi 19 khotimat 30 juz bil hifdzi, 34 khotimat 15 juz bil hifdzi, 24 khotimat 5 juz Tahfidz Putri Anak, 88 khotimat binnadzri, 20 khotimat juz amma bil hifdzi Tahfidz Putri Anak, dan 191 khotimat juz amma bil hifdzi.

Menurut Faila Shufa selaku ketua panitia Khotmil Qur’an 2019 bahwa khataman adalah sebuah prosesi dan bentuk syukurnya para khotimat kepada sang Pemilik Kalam.

Baca Juga >  Praktik Kewirausahaan Mahasiswa di Pesantren Lintang Songo

“Karena telah diberikan kesempatan dan anugerah mampu membaca dan menghafalkan Al-Qur’an, berapapun hafalan yang didapat, harus disyukuri,” ujar Faila.

Serangkaian persiapan menuju khotmil Qur’an diusahakan semaksimal mungkin oleh para panitia dengan harapan acara bisa berjalan dengan lancar tanpa ada kendala apapun. Selain itu, panitia pun berharap setelah prosesi khataman yang akan dilaksanakan jum’at mendatang, para khotimat bisa lebih semangat dan mensyukuri pencapaiannya, semoga yang belum selesai bisa semangat untuk menyelesaikan hafalannya, dan yang sudah selesai bisa semangat untuk melancarkan dan menjaga hafalannya agar selalu melekat. (Ayu/rk)