Sambut Hari Santri, Rombongan PBNU Ziarah Ke Muassis NU

Sambut Hari Santri, Rombongan PBNU Ziarah Ke Muassis NU

Posted on

JOMBANG, BANGKITMEDIA.COM

Dalam rangka menyambut Hari Santri, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Said Aqil Siroj bersama rombongan berziarah ke makam sesepuh Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Di antaranya Almaghfurlah Hadratusy Syekh KH Hasyim Asy’ari, KH Wahid Hasyim, dan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Rombongan PBNU berangkat pagi hari dari Pendopo Kabupaten Jombang setelah sarapan bareng. “Kita ziarah ke makam dulu,” kata kiai yang kerap disapa Kiai Said ini saat baru tiba di Pesantren Tebuireng, Kamis (17/10).

Kiai Said didampingi Sekretaris Jenderal PBNU H A Helmy Faishal Zaini bersama Wakil Pengasuh Pesantren Tebuireng, KH Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin) menuju makam. Turut mendampingi, jajaran pengurus harian Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jombang serta sejumlah ketua lembaga NU Jombang.

Di makam, Kiai Said memimpin tahlil dan pembacaan surat Yasin serta Al-Mulk secara bersama-sama. Pembacaan tahlil tampak dibacakan Kiai Said dengan khidmat hingga rampung.

Kiai Said menyampaikan, ziarah penting dilakukan untuk menyambung hubungan antara manusia yang masih hidup dengan yang sudah wafat. Terlebih warga NU harus terus melestarikan budaya ini.

“Ziarah ini adalah menjaga hubungan antara kita yang masih belum selesai dengan urusan dunia dengan kiai-kiai yang sudah terlepas atau putus dari urusan dunia,” ujarnya.

Baca Juga >  Rais Syuriah PCNU Gunungkidul: Luangkan Waktu untuk NU!

Ketua PBNU dua periode ini berharap, warga NU bisa ngambil pelajaran dan perjuangan kiai-kiai NU yang telah kembali ke Rahmatullah. “Kita di sini semoga bisa mengambil ibrah, perjuangan beliau,” tandasnya.

Sementara Gus Kikin menyampaikan, Pengasuh Pesantren Tebuireng, KH Salahuddin Wahid sedang berhalangan tidak bisa menyambut langsung. Saat ini Gus Sholah tengah cek kesehatan di salah satu rumah sakit.

“Kami sampaikan salam dari Gus Sholah. Beliau belum bisa menumui langsung, karena sedang cek kesehatan di rumah sakit,” ujarnya.

Usai berziarah dan ramah tamah, rombongan bergeser ke makam Almaghfurlah KH Abdul Wahab Chasbullah. Selanjutnya ke makam KH Bisri Syansuri, dan berakhir di Pondok Pesantren Darul Ulum, Rejoso, Peterongan, Jombang. (Syamsul Arifin/Musthofa Asrori)

Sumber tulisan bisa diklik disini.