Pesantren An Nur Ngrukem

Pesantren An Nur Ngrukem Semarakkan Kemerdekaan RI

Diposting pada

Berita NU, BANGKITMEDIA.COM

BANTUL-Jum’at (17/08/18), Pesantren An Nur Ngrukem ikut merayakan kemerdekaan Republik Indonesia ke-73. Salah satu komplek Pesantren An Nur, yakni Komplek Nurul Huda yang didominasi oleh mahasiswa termasuk salah satu komplek yang melaukan berbagai kegiatan dalam rangka menyambut hari lahir Republik Indonesia.

Komplek Nurul Huda PP An Nur sudah mengadakan kegiatan dalam menyambut hari kemerdekaan ini tiga hari sebelum tanggal 17 Agustus dengan berbagai macam perlombaan seperti lomba makan kerupuk, memasukan paku kebotol, lomba bola kecil, dan lomba kebersihan kamar mencerminkan bahwa budaya pesantren yang selalu dipegang penuh oleh para santri. Komplek Nurul Huda yang diketuai oleh saudara Ahmad Rifa’i S. Pd turut mengadakan lomba MHQ  (Musabaqoh Hifdzil Qur’an) tingkat 5 juz bagi para santri mahasiswa dan juz 30 bagi para santri pelajar, selain itu ada pula lomba MQK (Musabaqoh Tilawatil Qur’an) kitab Safinatunnajah untuk tingkat mahasiswa dan aqidatul awwam untuk santri tingkat pelajar.

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

“Adanya lomba ini sebagai salah satu bentuk untuk memeriahkan peringatan hari kemerdekaan kita, sekaligus untuk memperat kebersamaan antara santri baru maupun santri lama. Bukan juara yang menjadi tolak ukur dalam pelaksanaan lomba ini, tetapi yang menjadi tolak ukur kita disini adalah bentuk kepekaan kita terhadap menjaga NKRI dan menumbuhkan semangat dalam belajar tentutnya,” ujar Samsul Basyar Mustofa selaku wakil ketua komplek Nurul Huda.

Baca Juga >  Peneliti Pesantren Krapyak Asal AS Mengagumi Kemandirian Para Santri

Malam tanggal 16 Agustus para santri komplek Nurul Huda mengadakan Muqodaman dengan satu kali khataman dan membacaan surat yasin serta surat al-Waqiah untuk mensyukuri nikmatnya kemerdekaan yang diperjuangkan para ulama terdahulu. Tepat tanggal 17 agustus 2018 seluruh santri pondok An Nur melaksanakan upacara dihalaman pondok pusat. Komplek Nurul Huda mengikuti upacara tersebut dengan melakukan kirab memakai berbagai kostum karnaval sebagai bentuk memeriahkan peringatan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-73. (Muhamad Jamaludin/rk)