Peringati Harlah PP Al Luqmaniyyah Ke-21, Santri Gelar Sorogan Award

  • Whatsapp
Peringati Harlah PP Al Luqmaniyyah Ke-21, Santri Gelar Sorogan Award

Peringati Harlah PP Al Luqmaniyyah Ke-21, Santri Gelar Sorogan Award

Dalam rangka memperingati Hari Kelahiran ke 21 Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah Yogyakarta, panitia mengadakan lomba Sorogan Award. Tujuan adanya lomba ini adalah untuk memotivasi para santri agar semakin semangat dalam mengikuti program sorogan Dewan Pendidikan.

Perlombaan ini diikuti oleh para santri putra dan putri. Dua minggu sebelumnya sudah diadakan babak penyisihan baik antar kelompok sorogan maupun di tingkat kelas masing masing. Adapun jenjang kelasnya ada 4 yaitu dari kelas Jurumiyyah, Imrithy, Alfiyyah 1 hingga Alfiyyah 2. Ketua panitia, Ustadz Ali Mafruhin dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam sorogan menuntut keaktifan pesertanya sendiri. Sehingga santri dapat mengetahui detail-detailnya kitab yang dibaca. Karena pemahaman kitab tersebut bisa dikaji dari berbagai sisi. Baik nahwu, shorof maupun murodnya. Sehingga pemahaman santri atau peserta tersebit menjadi utuh.

“Dalam sorogan tentu kita sendiri yg aktif, sehingga kita dapat mengetahui detail detailnya kitab yang kita baca. Karena pemahaman kitab tersebut dikaji dari berbagai sisi. Baik nahwu, shorof, murod atau pemahaman. Sehingga pemahaman kita menjadi utuh,” ungkapnya.

Selain itu, salah satu juri, Ustadz Fahruddin mengatakan bahwa dengan metode sorogan akan mendapatkan pemahaman yang utuh atau tidak sepotong-sepotong.

” Dengan sorogan, tentu akan lebih komprhensif pemahamannya. Beda dengan ketika membaca teks kitab seorang diri. Yang justru malah dikhawatirkan salah pemahaman. Meskipun kitab pethuk”, kata beliau saat memberikan komentar pada salah satu peserta lomba.

Sorogan sendiri merupakan metode klasik yang dipakai dalam pendidikan pesantren. Metode sorogan kerap kali diterapkan di dalam pesantren salaf. Metode ini masih dianggap efektif dalam rangka mendalami kitab kuning. Sehingga metode ini perlu dilestarikan agar eksistensi dan tradisi keilmuan santri salaf tetap terjaga. Wallahu A’lam.

Demikian Peringati Harlah PP Al Luqmaniyyah Ke-21, Santri Gelar Sorogan Award. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *