doa subhanallah

Manfaat Wirid Laa Ilaha Illa Anta Subhanaka Inni Kuntu Minadzholimin

Posted on

Manfaat wirid Laa Ilaha Illa Anta subhanaka inni kuntu minadzholimin memang sangat banyak dicari, terutama kalangan yang menyenangi atau menyukai amalan-amalan khusus semacam ini. Oleh karena itu kali ini kami rangkum beberapa manfaatnya. Simak penjelasannya berikut.

لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Artinya : “Tidak ada Tuhan yang sebenarnya Disembah melainkan Engkau, Yaa ALLAH. Maha Suci ENGKAU, sesungguhnya aku adalah dari orang yang membuat zalim”. (QS Al-Anbiya’ : 87)

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

Didalam Al-Quran terdapat kisah Nabi Yunus AS yang boleh dijadikan pengajaran dan jika diamalkan doa Nabi Yunus AS ALLAH akan lepaskan Hamba-NYA dari kesusahan atau musibah yang menimpa atau di dalam bahasa zaman sekarang saat-saat kecemasan ( darurat ) tetapi individu tersebut adalah seorang mukminin.

Nabi Yunus AS diutus oleh ALLAH SWT kepada masyarakat Naynawa, yang terkenal dengan kekafirannya. Nampaknya, Nabi Yunus kurang sabar dengan perlakuan kaumnya. Dalam keadaan kesal, ia pergi meninggalkan kaumnya menuju tepi laut. Kemudian ia menumpang kapal yang akan berlayar. Di tengah lautan, kapal diterpa badai dan angin kencang. Untuk menghindari kapal karam, muatan kapal harus dikurangi. Semua penumpang kapal sepakat untuk melakukan undian. Siapa yang namanya keluar, maka dialah yang harus dilemparkan ke lautan. Ternyata, yang keluar adalah nama Nabi Yunus. Akhirnya, Nabi Yunus menceburkan dirinya ke lautan, dan ia ditelan ikan besar. Al-Quran menyebut ikan itu dengan Hut atau Nun. Namun, ALLAH SWT mewahyukan ikan itu untuk tidak memakan tubuh Nabi Yunus.

Ada yang mengatakan Yunus AS tinggal di dalam perut ikan selama 3 hari, 7 hari, bahkan 40 hari.
Selama itu ia berdoa kepada ALLAH SWT : ‘Allahumma, Laa Ilaha illa anta. Subhana Ka, innii kuntu minazh dzhalimin – Yaa ALLAH, tidak ada Tuhan selain ENGKAU. Maha Suci ENGKAU. Sungguh aku ini termasuk orang-orang yang dzalim’.

Baca Juga >  Ini Doa Sahur, Batas Waktu Makan Sahur dan Niat Puasa Ramadhan

Manfaat Manfaat Wirid Laa Ilaha Illa Anta Subhanaka Iinni Kuntu Minadzholimin

Doa Nabi Yunus menembus Arsy, sampai-sampai para Malaikat berkata:

“Yaa RABB, sepertinya ini adalah suara orang lemah yang sudah dikenali, yang datang dari negeri yang jauh dan asing”.

ALLAH bertanya : “Tahukan kalian, suara siapakah itu?”

Malaikat menjawab : “Suara siapakah itu?” ALLAH berkata : “Itu adalah suara Yunus, hamba-Ku”.

Malaikat berkata : “Yunus yang amalnya senantiasa naik ke langit dan doanya dikabulkan? Ya RABB, tidakkah ENGKAU Menaruh belas-kasih padanya lantaran dia senantiasa memuji-MU di saat senang, dengan begitu ENGKAU Selamatkan ia di saat terjepit seperti ini?”

ALLAH menjawab : “Ya, tentu saja”.

Maka, Allah memerintahkan kepada ikan Hut untuk melemparkan Nabi Yunus ke daerah tandus.

Nabi Yunus terdampar di sebuah pulau yang tandus, dalam keadaan lemah. Lalu, ALLAH mengembalikan kekuatannya dengan Menumbuhkan pohon labu di dekatnya. Bukan hanya itu, ALLAH mengembalikan seribu umatnya dalam keadaan beriman, dan ALLAH berikan kemakmuran hidup kepada mereka. (Q.S. As-Shaffat/37: 145-148)

Cara Mengamalkan doa Nabi Yunus adalah kita dianjurkan untuk sering membacanya, lebih-lebih di saat kita mengalami kesulitan sbanyak 300x/hari – 1000x/hari.

Fadhilah : ALLAH akan selesaikan masalah infirodi (pribadi) dan ijtima’ (khalayak ramai/umum)

Selain itu, ada 3 keistimewaan dalam do’a Nabi Yunus juga :

1. Pengakuan tauhid.
2. Pengakuan akan kekurangan diri.
3. Berisi permohonan ampun (istighfar) pada ALLAH SWT.

Inilah manfaat wirid Laa Ilaha Illa Anta Subhanaka Inni Kuntu Minadzholimin. Semoga manfaat untuk kita semua.

Berikut Infografis manfaat wirid Laa Ilaha Illa Anta Subhanaka Inni Kuntu Minadzholimin:

Manfaat Wirid Laa Ilaha Illa Anta Subhanaka Inni Kuntu Minadzholimin

*Artikel terkait doa, baca link ini.

Tonton juga vidio wirid li Khomsatun,,,lihat di sini

Penulis: Maryam Agil.