pergunu jateng

Kerjasama dengan Unwahas, Pergunu Jateng Buka Beasiswa S2 dan S3

Posted on

Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Jawa Tengah bekerjasama dengan Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang membuka beasiswa bagi guru-guru NU.

Beasiswa untuk tingkat S2 dan S3 ini berdasarkan Memorandum of Agreement antara Pimpinan Wilayah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Jawa Tengah dengan Universitas Wahid Hasyim Semarang nomor 0052/PW/PERGUNU/IX/2018–285/PPs-UWH/IX/2018 dan hasil rapat koordinasi pengurus PW Pergunu Jateng, Pengurus Yayasan Wahid Hasyim, Rektor dan Direktur Pascasarjana Universitas Wahid Hasyim pada tanggal 19 Juni 2019.

Rektor Unwahas mengatakan kader-kader NU khususnya yang bergelar Doktor, harus mampu bersaing, baik di level lokal, nasional maupun internasional. Oleh karenanya loyalitas, militansi dan kemampuan akademik yang mumpuni dari peserta beasiswa harus menjadi pertimbangan dalam seleksi yang akan datang.

“Seleksi diadakan dua tahap. Tahap pertama oleh PW Pergunu dan tahap kedua oleh Pascasarjana Unwahas. Dengan begitu loyalitas, militansi dan kemampuan akademik akan benar-benar bisa  diketahui dan menjadi pertimbangan dalam meluluskan peserta,” kata Rektor Unwahas H Mahmutarom.

Ia menegaskan seleksi dalam dua tahap tersebut bukan berarti mempersulit, tetapi untuk mendapatkan peserta yang benar-benar mempunyai niat meningkatkan kualitas akademiknya. “Kalau tidak perguruan tinggi NU yang memikirkan itu, lalu siapa lagi?” tutur Rektor.

Sementara itu, Wakil Ketua Yayasan H Satrian mengatakan motivasi dan integrasi baik di bidang akademik dan administrasi merupakan aspek yang harus difpkirkan bersama.

Syarat utama untuk mengikuti beasiswa ini adalah menjadi anggota Pergunu dibuktikan dengan KTA Pergunu dan memiliki baju batik resmi Pergunu, tutur Faojin.

Adapun dalam MoU tersebut dinyatakan bahwa Universitas Wahid Hasyim Semarang memberikan bantuan pendidikan Program S2 (Pendidikan Agama Islam dan S2 Muamalat/Hukum Ekonomi Syariah) dan S3 (Pendidikan Agama Islam). Bantuan pendidikan SPP Program S2 dan S3 sebesar 50 persen.

Seleksi akan diadakan oleh PW Pergunu Jateng dan Universitas Wahid Hasyim dengan runtutan waktu sebagai berikut:

1. Penyerahan berkas persyaratan pendaftaran 29 Juni – 21 Agustus 2019

2. Seleksi Administrasi 22 – 24 Agustus 2019

3. Ujian Kompetensi oleh PW Pergunu Jateng 30 Agustus 2019

4. Ujian Seleksi oleh PPs Unwahas 30-31 Agustus 2019

5. Pengumuman Hasil Seleksi 5 September 2019

6. Pendaftaran dan Registrasi bagi yg lulus seleksi 6-14 September 2019

7. Perkuliahan Mahasiswa PPs Unwahas 16 September 2019

8. Peserta wajib memakai Batik Pergunu dan bawahan hitam pada saat mengikuti Ujian Seleksi.

Baca Juga >  Penuh Antusias, Santri Pon. Pes. Sunan Pandanaran Sambut Kiai Ma’ruf Amin

Sementara materi Ujian Seleksi meliputi Psikotes, Pengetahuan Umum (Ke-Aswaja-an), Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Wawancara.

Persyaratan Akademik meliputi:

1) Calon peserta adalah Anggota Pergunu Jawa Tengah dibuktikan dengan KTA Pergunu

2) Berijazah S1 (bagi pendaftar S2) dan S2 (bagi pendaftar S3) dengan IPK minimal 3.0

3) Memiliki kemampuan bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya.

Persyaratan Administrasi

Calon peserta mengajukan permohonan tertulis untuk memperoleh bantuan Program Beasiswa Strata-2 dan Srata-3 kepada Ketua PW Pergunu Jawa Tengah, melalui Perguruan Tinggi yang dituju sesuai jurusan yang diminati dengan lampiran sebagai berikut:

1) Fotocopy ijazah dan transkrip nilai S1 yang telah dilegalisir bagi pendaftar S2

2) Fotocopy ijazah dan transkrip nilai S2 yang telah dilegalisir bagi pendaftar S3

3) Surat Rekomendasi dari Pengurus Cabang Pergunu setempat

4) Surat Ijin Belajar dari Pimpinan Tempat Mengajar

5) Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku

6) Fotocopy Kartu Tanda Anggota (KTA) Pergunu

7) Daftar Riwayat Hidup

8) Surat pernyataan sanggup menyelesaikan studi dalam 4 (empat) semester (bagi pendaftar S2) dan 7 (tujuh ) semester (bagi pendaftar S3) ditandatangani di atas materai Rp.6000; dan apabila dalam waktu tersebut tidak bisa menyelesaikan studi maka selanjutnya biaya ditanggung sepenuhnya oleh yang bersangkutan yakni bagi S2 registrasi Rp500.000 pers semester, dan bagi S3 Rp5.000.000 per semester.

9) Pas Foto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 5 lembar

10) Rencana Proposal Tesis (bagi pendaftar S2) sebanyak 2 Exemplar

11) Rencana Proposal Desertasi, minimal 20 halaman ukuran kertas A4 dengan sepasi 1,5 (bagi pendaftar S3) sebanyak 4 Exemplar.

12) Melampirkan Foto copy Piagam Penghargaan (jika ada)

Semua berkas dimasukkan ke dalam amplop besar dan ditujukan kepada ‘Panitia Seleksi S2 dan S3 Beasiswa PERGUNU JATENG Tahun 2019 (an. Sdr. Imam Khoirul U.)’ dan disertai dengan identitas pengirim. Seluruh berkas dikirimkan melalui Pos Kilat Khusus Tercatat paling lambat tanggal 21 Agustus 2019 (cap pos) atau datang langsung ke Kantor Fakultas Agama Islam UNWAHAS Jl Menoreh Tengah X/22 Sampangan Kota Semarang. (NUO/ Kendi Setiawan)