Innalillahi Kiai Zakariya Ansor Rais PCNU Kota Pekalongan Wafat

  • Whatsapp
Innalillahi Kiai Zakariya Ansor

Innalillahi Kiai Zakariya Ansor Rais PCNU Kota Pekalongan Wafat.

Kabar duka kembali menyelimuti warga nahdliyyin, khususnya warga NU Kota Pekalongan. Rais Syuriyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pekalongan, KH Zakaria Ansor meninggal dunia dalam usia 51 tahun pada Ahad (7/2) jam 04.25 wib. Innalillahi wainna ilaihi raajiuun.

Kabar duka menyebar luas di grup Whatsapp (WA) Kanzus Sholawat dan media sosial. Wakil Rais Syuriyah PCNU Kota Pekalongan KH Ahmad Tubagus Surur membenarkan kabar duka yang tersebar di medsos maupun grup WA tersebut.

“Benar, KH Zakaria Ansor Wafat pada Ahad (7/2) pagi disebabkan oleh sakit,” ujarnya kepada NU Online.

Dikatakan, almarhum saat ini masih menjabat sebagai Rais Syuriyah PCNU Kota Pekalongan periode 2017-2022. “Sebelumnya pernah menjabat sebagai Katib,” terangnya.

Disampaikan, selain aktif di PCNU, Kiai Zakaria yang juga alumni Pesantren Al-Anwar, Sarang, Rembang mengasuh ratusan santri putra-putri di Pesantren Al-Mubarok, Medono, Kota Pekalongan.

“Kiai Zakaria pribadi yang sangat aktif baik di organisasi, lingkungan, maupun di komunitas Kanzus Sholawat Kota Pekalongan. Beliau juga santri kinasihnya Rais Aam Idarah Aliyah Jamiyah Ahlit Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyah (Jatman) Habib Luthfi bin Yahya,” terangnya.

Ketua PCNU Kota Pekalongan, H Muhtarom mengaku sangat kehilangan atas wafatnya KH Zakaria Ansor.

“Beliau selama menjabat sebagai Rais PCNU Kota Pekalongan sangat dekat dengan siapa saja, termasuk memberikan solusi terhadap berbagai hal di PCNU,” ungkapnya.

Dalam pandangannya, Kiai Zakaria adalah figur yang mengedepankan dialog, musyawarah, dan solutif. “Berbagai persoalan keagamaan, khususnya dalam kegiatan bahtsul masail, Kiai Zakaria ahlinya,” ucapnya.

Menurut rencana jenazah almarhum KH Zakaria Ansor dimakamkan hari ini, Ahad (7/2) pukul 14.00 WIB di komplek pemakaman keluarga di Medono, Kota Pekalongan. Semoga segala amalnya diterima oleh Allah SWT dan segala kesalahannya diampuni oleh-Nya. Lahu Al-Fatihah. Sumber: NU Online.

Pewarta: Abdul Muiz / Editor: Muhammad Faizin.

*Berita Innalillahi Kiai Zakariya Ansor Rais PCNU Kota Pekalongan Wafat ini menjadi kabar duka yang terus beruntun. Umat sangat sedih, sehari sebelumnya, yakni pada 6 Februari 2021, Kiai Atabik Ali Krapyak Yogya juga wafat. Semua semua mendapatkan rahmat dan ampunan Allah SWT.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *