Indahnya Malam Inaugurasi Pesantren Al-Hidayat Salaman Magelang

Indahnya Malam Inaugurasi Pesantren Al-Hidayat Salaman Magelang

Posted on

Indahnya Malam Inaugurasi Pesantren Al-Hidayat Salaman Magelang.

Malam Mingguan yang sangat indah. Para santri bukan saja rajin mengaji, tapi juga mampu tampil maksimal dalam kesenian. Itulah yang berlangsung saat malam inaugurasi santri Pondok Pesantren Putri Al-Hidayat Kedunglumpang Salaman Magelang pada Sabtu, 18 Juli 2020.

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

Acara malam inaugurasi ini berlangsung di halaman Gedung Walisongo, Pondok Pesantren Putri Al-Hidayat. Acara ini dalam rangka menyambut santri baru tahun ajaran 2020/2021. Pondok Pesantren Al-Hidayat didirikan dan diasuh oleh Ibu Nyai Hj. Shintok Nabilah Asrori dan KH. Ahmad Lazim.

Menurut KH Ahmad Zaenal Mubarok, dalam sambutan mewakili pengasuh,  tahun 2020 ini Pesantren Al-Hidayat  menerima 90 santri baru yang berasal dari sejumlah daerah.

“Santri baru berasal dari berbagai daerah. Ada yang berasal dari Jakarta, Kalimantan, Batam, Banyumas, Jepara, Wonosobo, Temanggung dan sebagainya. Yang paling banyak dari Magelang,” tegas Gus Barok, sapaan akrabnya.

Gus Barok juga menjelaskan, acara ini diselenggarakan setelah para santri baru tersebut mulai masuk pesantren sejak tanggal 5 Juli yang lalu, kemudian dilanjutkan dengan masa ta’aruf santri serta pengenalan lingkungan pesantren bagi santri SMP Tahfidz Al-Hidayat.

“Pentas kreasi seni para santri menjadi penutup acara malam inaugurasi ini. Inti malam inugurasi ini adalah malam pengukuhan bagi santri baru yang telah berhasil melalui tahapan-tahapan proses penerimaan santri baru. Niat tholabul ilmi li izalati jahli, niat cari ilmu untuk menghilangkan kebodohan. Dan secara resmi para santri telah menjadi keluarga besar Pondok Pesantren Al-Hidayat,” lanjut Gus Barok.

Baca Juga >  Ini Para Juara Lomba Video Kreatif untuk Milenial yang Diselenggarakan Gus Hilmy

Gus Barok kembali menegaskan bahwa pengukuhan santri baru ini ditandai dengan pembacaan ikrar santri, mencium bendera merah putih serta doa dari 9 guru. Yang berdoa adalah Ibu Nyai Hj. Shintok Nabilah Asrori, Kyai Muhammad Akil Asrori, Ibu Nyai Basiroh Asrori, Ibu Nyai Lisa Maurida S.Ag (Kepala Madrasah Diniyah Al-Hidayat), Ibu Hj. Endang Bakir (Ketua Komite SMP Tahfidz Al-Hidayat), Ibu Ulya Izzati, M.Pd (Kepala Sekolah SMP Tahfidz Al-Hidayat).

Kepada Bangkitmedia.com, Gus Barok juga menjelaskan bahwa pada jaman sekarang ini, anak mau mondok di Pondok Pesantren termasuk salah satu anugerah (fadhol) dari Allah SWT.

“Terkadang orang tua punya keinginan, tapi anaknya tidak. Wong tuo ne karep, anak e ora karep. Ada juga yang anaknya ingin mondok, tapi orang tua gak tega. Anak e karep, wong tuo ne ra tegel. Maka, beruntunglah bagi orangtua yang anak-anaknya mau mondok. Niat ngaji karena Allah Ta’ala,” tegas Gus Barok.

Gus Barok juga berdoa, anak-anak yang sedang mondok di pondok pesantren mana saja, diberikan kesehatan dan kewarasan, sehat wal afiat, barokah manfaat ilmunnya.

“Semoga para santri baru di pondok Al-Hidayat diberikan krasan kewarasan, sehat wal afiat, dan nantinya mendapatkan ilmu yang manfaat manfaati, barokah mbarokahi, berkhidmah untuk umat bangsa dan negara ‘ala ahlissunnah wal jamaah,” pungkas Gus Barok. (red/Bangkitmedia.com)

Berikut ini foto-foto Indahnya Malam Inaugurasi Pesantren Al-Hidayat Salaman Magelang.

Indahnya Malam Inaugurasi Pesantren