Doa Setelah Baca Surat Al-Waqiah Arab, Latin, dan Artinya

  • Whatsapp
Doa Setelah Baca Surah Al-Waqi'ah, Arab, Latin dan Artinya

Doa Setelah Baca Surat Al-Waqi’ah: Arab, Latin, dan Artinya.

Salah satu surat yang disukai para ulama adalah surat Al-Waqi’ah. Surat yang tercantum dalam juz 27 ini termasuk surat pilihan yang penuh keutamaan. Siapa saja yang suka dan tulus membacanya, akan muncul keberkahan dari Allah SWT.

Habib Ahmad bin Hasan Al-Atthas rahimahullah, selalu membaca surat Al-Waqiah di waktu Ashar. Beliau berkata: ”Sayyidil Wujud (Nabi Muhammad saw) lah yang memerintahkanku untuk membacanya di waktu Ashar.”

Ini dikutip dari buku “Sekilas tentang Habib Ahmad bin Hasan Al-Atthas; Novel Muhammad Al-Aydrus.

Doa setelah Surat Al-Waqi’ah sangat dianjurkan para ulama.

Dalam hal, setelah membawa Surat Al-Waqi’ah, bisa membaca doanya Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani dan juga disebutkan dalam kitab Abwabul Faroj karya Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki rahimahullah, bahwa di antara doa yang dianjurkan setelah membaca surat al-Waqi’ah di waktu pagi dan sore hari adalah doa berikut:

doa surat al-waqiah dari syekh abdul qadir al-jailani

اَللَّهُمَّ صُنْ وُجُوْهَنَا بِاْليَسَارِ,وَلاَتُوهِنَّابِاْلاِقْتَارِ , فَنَسْتَرْزِقَ طَالِبِيْ رِزْقِكَ وَنَسْتَعْطِفَ شِرَارَخَلْقِكَ وَنَشْتَغِلَ بِحَمْدِ مَنْ اَعْطَانَاوَنُبْتَلَى بِذَمِّ مَنْ مَنَعَنَاوَاَنْتَ مِنْ وَرَاءِذَلِكَ كُلِّهِ اَهْلُ اْلعَطَاءِ وَاْلمَنْعِ . اَللَّهُمَّ كَمَاصُنْتَ وُجْوُ هَنَاعَنِ السُّجُوْدِاِلاَّلَكَ فَصُنَّاعَنِ اْلحاَجَةِاِلاَّاِلَيْكَ بِجُوْدِكَ وَكَرَمِكَ وَفَضْلِكَ , يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ (ثلاثا) اَغْنِنَا بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ . وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Alloohumma shun wujuuhanaa bil yasaari, wa laa tuuhinnaa bil iqtaari, fanastarziqo thoolibii rizqika wa nasta’thifa syirooro kholqika wa nasytaghila bihamdi man a’thoonaa wa nubtalaa bi dzammi man mana’anaa wa anta min waroo-i dzalika ahlul ‘athoo-i wal man-‘i. Alloohumma kamaa shunta wujuuhanaa ‘anis sujuudi illaa laka fa shunnaa ‘anil haajati illaa ilaika bijuudika wa karomika wa fadhlika, yaa arhamar roohimiin (3x) wa shollalloohu ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shohbihi wa sallam.

“Ya Allah, jagalah wajah kami dengan kekayaan, dan jangan hinakan kami dengan kemiskinan sehingga kami harus mencari rizki dari para pencari rizki-Mu, dan minta dikasihani oleh manusia ciptaan-Mu yang berbudi buruk, dan sibuk memuji orang yang memberi kami dan tergoda untuk mengecam yang tidak mau memberi kami. Padahal, Engkau di balik semua itu adalah yang berwenang untuk memberi atau tidak memberi.

Ya Allah, sebagaimana Engkau menjaga wajah kami dari sujud kecuali kepada-Mu, maka jagalag kami dari keperluan selain kepada-Mu, dengan kedermawanan-Mu, kemurahan-Mu, dan karunia-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara semua penyayang. Cukupkanlah kami dengan karunia-Mu dari siapa pun selain Engkau. Semoga Allah merahmati junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarganya dan para sahabatnya, juga semoga Allah memberi keselamatan.”

Ada juga Doa Setelah Baca Surat Al-Waqi’ah: Arab, Latin, dan Artinya yang pendek Ijazah ‘Aam (ijazah umum) dari almarhum KH Ali Maksum Krapyak Yogyakarta.

doa surat al-waqiah dari kh ali maksum krapyak yogyakarta

أللهُمَّ إنِّي أسْأَلُكَ بِحَقِّ سُورَةِ الوَاقِعَةِ وَ أسْرَارِهَا أَنْ تُيَسِّرَ لِيْ رِزْقِيْ كَمَا يَسَّرْتَهُ لِكَثِيْرٍ مِنْ خَلْقِكَ يَا أللهُ يَا رَبَّ الـعَالَمِيْنَ

Allahumma Inni Asaluka Bihaqqi Suratil Waqi’ati Wa Asroriha an Tuyassiro Li Rizki Kama Yassartahu Likatsirim Min Kholqika Ya Allahu Ya Rabbal’alamina.

“Duh Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu dengan kebenaran surah Al-Waqi’ah dan rahasia Surah Al-Waqi’ah agar Engkau memudahkan rizkiku kepadaku sebagaimana Engkau memudahkannya bagi orang banyak dari makhluq-Mu. Ya Allah, wahai Dzat yang mengatur semua alam.”

Surat Al Waqiah yang penuh berkah ini adalah surat ke-56 dalam al-Quran juz 27. Surat Al-Waqiah terdiri 96 ayat. Waqiah sendiri artinya hari kiamat. Makanya, dalam isi surat ini menjelaskan tentang terjadinya kiamat. Juga dijelaskan bagaimana nanti orang mukmin dan orang kafir ketika mempertanggungjawabkan amalnya setelah kiamat. Surat Al Waqiah juga menjelaskan tentang penciptaan manusia, api dan juga segala jenis tumbuhan yang semuanya menjadi tanda-tanda kekuasaan dan kebesaran Allah. Di akhir ayat, kisah kiamat kembali ditegaskan dengan lebih gamblang.

Dalam konteks ini, Rasulullah SAW berkata, “Barang siapa yang membaca surat al-Waqiah setiap harinya, maka ia tidak akan ditimpakan kekafiran”.

Keutamaan Al-Waqiah Membuka Pintu Rizki

  1. Dijauhkan Dari Kemiskinan

Apabila seseorang membiasakan diri untuk membaca Surat Al Waqiah sebanyak satu kali setiap malam, maka ia akan mendapatkan pahala yang sangat berarti yakni akan dijauhkan dari kemiskinan untuk selama-lamanya.

  1. Memperoleh Kekayaan Berlimpah

Apabila seseorang membaca Surat Al Waqiah ini sebanyak 14 kali setiap kali selesai menunaikan sholat Azhar, maka orang tersebut akan mendapatkan balasan berupa kekayaan yang didapat berlimpah dan tidak akan ada habisnya.

“Ajarkanlah surah Al-Waqi’ah kepada isteri-isterimu. Kerana sesungguhnya ia adalah surah Kekayaan.” (Hadis riwayat Ibnu Ady)

  1. Ditunaikan Hajatnya Berhubungan Dengan Rezeki

Apabila seseorang membaca Surat Al Waqiah ini sebanyak 41 kali dalam satu majlis atau dengan kata lain sekali duduk, maka insyaAllah akan ditunaikan semua hajat yang dimohonkan terutam yang berhubungan dengan rezeki.

  1. Dijadikan Hartawan dan Dermawan

Agar seseorang bisa menjadi orang kaya yang selalu mengucap syukur, maka amalan dari Surat Al Waqiah ini dibacakan sebanyak 3 kali sesudah selesai menunaikan sholat subuh dan juga 3 kali sesudah menunaikan sholat isya yang insyaAllah tidak akan berlalu masa setahun tersebut melainkan akan dijadikan seseorang yang hartawan dan juga dermawan.

  1. Dilimpahkan Rezeki

Amalan orang sufi agar dilimpahkan rezeki, hendaklah melakukan puasa selama 1 minggu dimulai hari Jumat. Setiap selesai sholat fardhu, maka baca Surat Al Waqiah sebanyak 25 kali sehingga sampai pada malam Jumaat berikutnya. Pada malam Jumaat berikutnya tersebut sesudah sholat Maghrib, maka baca Surat Al Waqiah sebanyak 25 kali,  sesudah sholat Isya dibacakan kembali sebanyak 125 kali diikuti dengan selawat keatas Nabi 1000 kali. Sesudah selesai, maka perbanyak juga sedekah dan amalkan surat ini sekali pada pagi dan petang, maka insyaAllah akan berhasil.

Makanya, kita harus sering membaca Doa Setelah Baca Surat Al-Waqi’ah, bisa dengan Arab, Latin, dan Artinya.

  1. Mempermudah Roh Keluar Dari Jasad

Surat Al Waqiah yang dibacakan saat berada di sisi mayat atau orang yang sedang nazak, maka insyaAllah akan semakin dipermudahkan supaya roh bisa keluar dari jasadnya. Dengan ini, maka orang tersebut tidak akan merasakan sakratul maut terlalu lama.

  1. Diringankan Sakitnya

Apabila Surat Al Waqiah ini dibacakan saat berada di sisi orang yang sedang sakit, maka insyaAllah akan dipermudah untuk kesembuhan dan penyakitnya juga diringankan.

  1. Dijauhkan Dari Kefakiran

Dengan mewiridkan Surat Al Waqiah ini sebagai bacaan yang rutin setiap hari dan juga malam, maka Allah akan menjauhkan segala kefakiran untuk selama-lamanya. Sa’d Al Mufti berkata jika hadits ini adalah shahih.

  1. Pelindung Diri Dari Kemudaratan Dunia

Jika Surat Al Waqiah ini dibacakan untuk wanita dan juga gadis, maka akan berguna untuk melindungi diri dari segala macam kemudaratan dunia sekaligus terhindar juga dari kemiskinan yang sesuai dengan hadits Rasulullah ketika selalu membicarakan Abdullah yang sedang sakit tenat.

  1. Diberikan Kesenangan dan Kemudahan

Barang siapa membacakan Surat Al Waqiah ini dan dijadikan sebagai doa wirid, maka orang tersebut akan memperoleh kesenangan dan juga kemudahan untuk selamanya oleh Allah SWT.

  1. Mendapatkan Sepuluh Pahala

Untuk seseorang yang membacakan setiap ayat Surat Al Waqiah maka akan mendapat sepuluh pahala yang sesuai dengan hadits Rasulullah yang diriwayatkan Iman At-tirmidzi. Dalam Al-quran terdapat 325.015 ayat dan dimana jika anda membacanya sampai katam, maka pahala yang akan didapat akan berjumlah 3.250.150.

  1. Tidak Akan Ditimpa Kekafiran

Barangsiapa yang membaca Surat Al Waqiah setiap hari, miscaya ia tidak akan ditimpakan kekafiran. Kekafiran adalah salah satu hal yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Oleh karena itu, membaca surat Al-Waqiah setiap hari insya Allah akan menjauhkan kita dari sifat kafir.

Dilansir dari pernyataan Abdullah bin Mas’ud yang mengatakan bahwa Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah, ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

  1. Merupakan Surat Kekayaan

Sejatinya, Surat Al Waqiah ini merupakan surat kekayaan, oleh karena itu ajarkanlah Surat Al Waqiah ini pada istri – istrimu. Membaca surat Al-Waqiah setiap hari insya Allah dapat memudahkan kita mendapatkan rezeki yang halal, pun nikmat Allah yang terus mengalir.

Dikutip dari Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah pada malam Jum’at, ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia, tidak melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia; surat ini adalah bagian dari sahabat Amirul Mukimin (sa) yang bagi beliau memiliki keistimewaan yang tidak tertandingi oleh yang lain.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

Ada pula dari Ibn Mardawaih daripada Anas: Kasyf al-Khafa, bahwa Rasulullah saw bersabda “Surah al-Waqiah adalah surah kekayaan. Hendaklah kamu membacanya dan ajarkanlah ia kepada anak-anak kamu.”

Untuk itu, marilah terus membiasakan diri melafalkan Doa Setelah Baca Surat Al-Waqi’ah: Arab, Latin, dan Artinya.

  1. Mendapatkan Syafaat di Hari Kiamat

Bagi orang yang rajin membaca Surat Al Waqiah ini, maka akan mendapatkan syafaat di hari kiamat yang sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Muslim.

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al-Waqi’ah; dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah.” (Tsawabul A’mal, hlm 117).

  1. Mendapatkan Ketenangan Jiwa dan Raga

Bagi mereka yang membacakan Surat Al Waqiah meski tidak mengetahui artinya, maka akan mendapatkan ketenangan baik dari segi jiwa maupun raganya.

Dalam hal ini, Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama.” (Tsawabul A’mal, halaman 117).

  1. Mengajarkan Tauhid

Dalam Surat Al Waqiah ini memang tidak secara langsung menerangkan ayat tentang kekayaan, rezeki dan hal semacamnya. Akan tetapi di dalam surat ini mengajarkan tentang tauhid yang membuat kita percaya pada Allah dan semakin membuat kita yakin jika semuanya sudah diatur dengan baik oleh Allah SWT termasuk dalam urusan rezeki.

Semoga semua rejeki kita barokah manfaat. Amin ya Rabbal’amain.

Penulis: Ahmad Zaini Alawi, khodim Sarinyala.

*Adapun artikel terkait, bisa baca link ini. Sedangkan video doa bisa dilihat dan klik di Bangkit TV.

Mari mengenal surat Al-Waqiah dengan singkat, tapi memberikan refleksi mendalam saat kita membaca surat Al-Waqiah. Semoga siapa saja yang membacanya dilimpahkan rizki dan keberkahan dari Allah SWT.

keutamaan dan doa surat al-waqiah

Info Peluang Usaha Depot Air Minum Isi Ulang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *