doa menyambut ramadhan

Doa Menyambut Bulan Ramadhan

Posted on

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh kemuliaan. Kehadirannya digadang-gadang oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia. Banyak kesempatan beramal di bulan ini. Dan amal kebaikan akan dilipat gandakan pahalanya. Karena itu, jauh-jauh hari umat Islam sudah menyiapkan datangnya bulan ramadhan tersebut.

Salah satu persiapan yang bisa dilakukan umat Islam adalah berdoa untuk menyambut bulan ramadhan tersebut. Aktifitas berdoa meski terlihat ringan, namun membawa keberkahan. Dengan berdoa, seseorang akan dekat dengan Allah swt. Dengan berdoa pula, seorang hamba berharap bisa maksimal memanfaatkan bulan ramadhan.

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

Baca juga : Amalan Para Sahabat Nabi Menyambut Ramadhan

Doa untuk menyambut bulan ramadhan diajarkan oleh Rasulullah saw. Hal ini sebagaimana dijelaskan di dalam hadis dari Abu Ja’far Muhammad bin Ali, berkata: “Jika bertemu dengan bulan Ramadhan Nabi صلى الله عليه وسلم berdoa :

Baca Juga >  Doa Nabi Muhammad Agar Terhindar dari Virus Berbahaya

اَللّٰهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْاِيْمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالْاِسْلَامِ وَالْعَافِيَةِ الْمُجَلَّلَةِ وَدِفَاعِ الْأَسْقَامِ وَالْعَوْنِ عَلَى الصَّلَاةِ وَالصِّيَامِ وَتِلَاوَةِ الْقُرْآنِ 

Allahumma ahillahu ‘alaina bil amni wal imani was salamati wal islami wal ‘afiyatil mujallalati wa difa’il asqomi wal ‘aini ‘alash sholati wash shiyami wa tilawatil qur’ani.

“Ya Allah, pertemukan bulan ini dengan kami dalam keadaan aman, iman, keselamatan, Islam, sehat yang prima, kebal dari penyakit, dan pertolongan untuk salat, puasa, dan membaca al-Quran” (al-Hafidz Ibnu Asakir, Tarikh Dimasyqa 51/186)

Itulah doa yang diajarkan Rasulullah saw untuk menyambut bulan ramadhan. Semoga kaum muslimin bisa mengamalkannya. (An)

(Disarikan dari buku “Sukses Ibadah Ramadhan” karya Ustadz Ma’ruf Khozin, Aswaja NU Center Jawa Timur)