Doa Ketika Ada Gempa dan Musibah Lainnya

Doa Ketika Ada Gempa dan Musibah Lainnya

Posted on

Doa Ketika Ada Gempa dan Musibah Lainnya

Oleh KH Damanhuri, Katib Syuriah PCNU Bantul

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

Kalau terjadi gempa atau musibah lainnya, sebaiknya kita semua bisa mengambil pelajaran dan saling membantu sesama. Dalam kaitan dengan ini, simaklah hadits berikut ini:

 عن سعد ، قال : كنا جلوساً عند النبي صلى الله عليه وسلم فقال :  ألا أُخبِرُكم بشيءٍ إذا نزل برجلٍ منكم كربٌ أو بلاءٌ من بلايا الدُّنيا دعا به يُفرَّجُ عنه ؟ فقيل له : بلَى ،

فقال : دعاءُ ذي النُّونِ : { لا إلهَ إلَّا أنت سبحانَك إنِّي كنتُ من الظَّالمين } (الأنبياء : ٧٨ ) 

السلسلة الصحيحة : ١٧٤٤ .

Dari Sa’d radhiyallahu anhu beliau berkata :

“Kami pernah duduk bersama Nabi Muhammad SAW, maka beliau bersabda :

“Maukah kalian aku kabarkan sesuatu yang jika seseorang di antara kalian tertimpa kesulitan (rasa sedih, sempit dada, dan lainnya) atau suatu musibah dari musibah dunia ia berdoa dengan doa ini maka Allah akan melepaskan semua kesulitan-kesulitan darinya?”

Maka dijawab : “Tentu !

Nabi Muhammad SAW bersabda :

“Doanya Dzunnun (Nabi Yunus)

لَا إِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

“Tiada ilah yang berhak disembah dengan benar kecuali Engkau, Mahasuci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang zhalim.” [QS. Al-Anbiya : 89].

Dari Kitab:  As-Silsilah ash-Shahihah no. 1744

Demikian Doa Ketika Ada Gempa dan Musibah Lainnya. Semoga Bermanfaat

والله المستعان وإليه ااتكلان

Pesantren An Nida’ Bantul

Sebagai tambahan, kami sertakan pula

Doa Tolak Bala yang Diamalkan Para Ulama dan Habaib. Nasehat Habib Hamid bin Muhammad Al-Hamid Makassar ini sangat penting bagi semua umat Islam. Yakni soal doa tolak bala agar kita semua selamat, baik di dunia apalagi nanti di akhirat. Doa ini diamalkan oleh para ulama’ dan habaib di seluruh penjuru dunia.

Baca Juga >  Doa Setelah Shalat Tarawih: Arab, Latin dan Artinya

Berikut ini do’a mustajab yang selalu diamalkan oleh para Ulama dHabaib:

اللهُمَّ ارْفَعْ عَنَّا الغَلا وَالوَبَاء وَالرِّبا وَالزِّنا وَالزَّلازِلَ وَالمِحَنَ، وَسُوءَ الفِتَنِ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَما بَطَنَ، عَنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَعَنْ سَائِرِ بِلادِ المُسْلِمِينَ، بِرَحْمَتِكَ يَا أِرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

“Allahummadfa’ ‘annal ghalaa’a wal balaa’a wabaa’a war riba waz zina waz zalazila wal mihan, maadhahara minhaa wa maa baathana min balaadinaa haadhaaa khaassatan wa ‘an sairil buldanil muslimiina aammatan. Innaka ‘alaa kulli syai’in qadiir”

Artinya: “Ya Allah, angkat dari kami penyimpangan, malapetaka, zina, riba, gempa bumi, bencana, dan segala cobaan yang buruk, baik yang nyata maupun yang tersembunyi, dari negeri kami ini khususnya, dan dari semua negeri kaum Muslimin, dengan Rahmat-Mu, Duhai Yang Maha Penyayang.”

Demikian doa tolak bala yang diamalkan para Ulama dan Habaib Semoga yang mengucapkan Aamiin segala do’a-do’anya di ijabah oleh Allah SWT.

(Sumber: Nasehat Habib Hamid bin Muhammad Al-Hamid, Makassar)

Artikel terkait baca di sini. Baca juga kumpulan doa sehari hari. Baca di sini