Cerdas Cermat Pesantren Ajang Mengasah Wawasan Santri

Posted on
Salah satu peserta CCP

Bantul, BANGKITMEDIA.COM. Sebanyak 18 santri dari 6 komplek di Pondok Pesantren Al-Munawwir berjuang dalam babak final Cerdas Cermat Pesantren (CCP) dalam rangka memperingati bulan Muharrom dan Komplek Meeting pada hari Jum’at (13/10)

Komplek yang mengikuti babak final ini di antaranya adalah Komplek L Putra, Komplek IJ, Komplek Nurussalam Putri, Komplek R1, Komplek R2 dan Komplek Q. Materi yang dilombakan pada CCP ini di antaranya adalah Sejarah Islam atau Tarikh, Aqidah, Fiqh, nahwu dan Shorof, ke-Al-Munawwir-an, ke-NU-an, Hifdzil Qur’an, Pengetahuan umum dan mencari kata dalam kamus Al-Munawwir.

CCP ini bertujuan untuk mengasah wawasan santri sejauh mana pengetahuan mereka baik dalam bidang keagamaan maupun bidang umum, terlebih dalam bidang ke-NU-an dan ke-Al-Munawwir-an, sebab kedua materi tersebut merupakan materi yang wajib diketahui santri khususnya sejarah tentang Nahdlatul Ulama dan Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak. CCP ini pula bertujuan untuk melatih santri agar bisa mencari kata dalam kamus Al-Munawwir dengan waktu sesingkat-singkatnya.

Pada babak final Perlombaan CCP ini, terdapat tiga kategori soal, di antaranya adalah soal wajib, soal lemparan dan soal rebutan, ketiga kategori soal ini dibacakan oleh tiga juri yang merupakan Ustadz di Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak. Tiga juri tersebut  adalah Ustadz Muhammad Husain, S. Th. I, Ustadz Muhammad Rosyid Yusuf, S. H. I, dan Ustadz Yayan Rubiyanto, S. Hum, M. Pd.

Baca Juga >  LAZISNU Kulonprogo DIY Launching Aplikasi Managemen Keuangan

“Dengan adanya perlombaan CCP ini, diharapkan agar santri bisa bersaing secara sehat dan bisa mengukur sejauh mana pengetahuan santri terhadap materi-materi yang terdapat dalam perlombaan. Semoga setelah perlombaan ini berakhir, tiap komplek tetap guyub rukun, dan menjaga silaturahmi” ujar Siti Sa’adah selaku Penanggung jawab lomba CCP.

Perlombaan CCP ini berakhir pada pukul 16.10 WIB yang bertempat di Aula AB Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak dan dimenangkan oleh Komplek R1 dengan skor 770, Komplek L Putra dengan skor 670, dan Komplek R2 dengan skor 630. (Ayu Ismatul Maula/Rokhim)