ceramah

Ceramah Caci Maki Juga Pernah Dialami Cucu Nabi, Sayyidina Hasan

Posted on

Fenomena “Ceramah Dengan Caci Maki” juga pernah terjadi pada masa cucu Nabi Muhammad, Sayidina Hasan bin Ali. Ketika tiba di masjid untuk salat Jumat, Hasan salat dua rakaat di balik tiang masjid.

Beberapa saat kemudian, khatib yang sedang berbicara di atas mimbar mengetahui Hasan berada di masjid. Khatib pun langsung mengganti tema khutbahnya dengan cacian kepada putra Sayidina Ali bin Abi Thalib itu.

“Ia memaki Hasan, ayahnya, ibunya sampai anak Hasan tidak kuat mendengarnya,” kisah Habib Jindan. Setelah itu, dengan geram putra Hasan berkata, “Wahai ayah, apakah engkau tidak mendengar apa yang tadi ia katakan?”

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

Putra Hasan meminta ayahnya menanggapi cacian khatib. Namun Hasan enggan melakukannya dan balik bertanya kepada putranya, “Wahai anakku, kapan engkau dapati ayahmu, kakekmu, nenekmu, mencaci maki orang lain?”

Baca Juga >  Ini Jalur Sanad Nahdlatul Ulama' dalam Ilmu Fiqh

Hasan memaafkan sang khatib dan memperingatkan putranya. Ia mengingatkan buah hatinya yang tampak berkeinginan membalas cacian dengan cacian. “Apakah kamu ingin keluar dari tariqah (metode) Ahlulbait (Nabi)? Kita Ahlulbait bukan tukang caci maki orang.”

Penulis: Gus Zimam Hanif.