Peringati Harlah IPNU-IPPNU, PC IPNU-IPPNU Bantul Gelar Training of Trainer (TOT) Fasilitator

Peringati Harlah IPNU-IPPNU, PC IPNU-IPPNU Bantul Gelar Training of Trainer (TOT) Fasilitator

Posted on

Berita NU, BANGKITMEDIA.COM

Bantul – Dalam rangka meningkatkan kader-kader IPNU-IPPNU di Kabupaten Bantul yang berkompeten dalam menjadi trainer, PC IPNU- IPPNU Kabupaten Bantul menyelenggarakan serangkaian acara Training of Trainer (TOT) Fasilitator yang dilaksanakan pada tanggal 22-23 Februari 2020 di BLK PP Al- Imdad Pajangan Bantul.

Pelatihan ini diselenggarakan sebagai wujud komitmen dan keseriusan PC IPNU-IPPNU Kabupaten Bantul untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia, kader-kader muda NU di Kabupaten Bantul.

Dalam sambutannya Rekan Muhammad Irfan Faziri selaku ketua PC IPNU Kabupaten Bantul menyampaikan bahwa IPNU-IPPNU merupakan kaderisasi yang paling awal dalam organisasi Nahdlatul Ulama. Sebagai ujung tombak regenerasi kaderisasi, IPNU-IPPNU sejati memiliki tugas yang paling berat, termasuk diantaranya ialah membentuk kader-kader muda NU yang dinamis, nasionalis, dan sadar akan pengabdian.

“Perlu kita sadari bahwa IPNU-IPPNU merupakan banom kaderisasi pertama di Nahdlatul Ulama. Melalui wadah IPNU-IPPNU sejatinya kita memiliki tugas dan amanah yang sangat berat. Meningkatkan kapasitas dan kualitas kader menjadi tanggung jawab besar yang harus kita wujudkan” tambahnya.

TOT Fasilitator ini merupakan kali pertama dilaksanakan oleh PC IPNU-IPPNU Kabupaten Bantul dan diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Lahir IPNU ke-66 dan IPPNU ke-65. Pelaksanaan pelatihan ini didasari atas keresahan yang dirasakan oleh Departemen Organisasi dan Departemen Kaderisasi PC IPNU-IPPNU Kabupaten Bantul terhadap masih kurang meratanya kader-kader IPNU-IPPNU yang memiliki kemampuan untuk publik speaking dan menjadi fasilitator.

Ditemui secara terpisah Ketua PC IPPNU Bantul, Rekanita Nur Istiana menyampaikan bahwa peserta dalam kegiatan ini adalah pengurus PC IPNU-IPPNU Kabupaten Bantul dan perwakilan pengurus PAC IPNU-IPPNU Se-Bantul. Harapannya peserta yang lulus dalam pelatihan ini nantinya diharapkan dapat menjadi trainer di masing-masing Anak Cabang.

Pelatihan pelatih ini berlangsung selama dua hari, acara hari pertama dengan materi perbedaan Makesta dan Lakmud yang diisi oleh Rekan Ahmad Sidik. Sedangkan materi Keorganisasian dan  Kepemimpinan disampaikan oleh KH. Ahmad Firdaus Alhlwani dan KH Irfan Halimy. Pada hari kedua materi Ice Breaking dengan pemateri Rekan Cahyo Galeh Saputro, Ke-IPNU- IPPNU-an oleh PW IPNU-IPPNU DIY, dan Miko Cak Coy menyampaikan materi Publik Speaking serta sebagi penutup dilaksanakan acara Problem Solving-RTL. (Nur Khusaini)