Juru Bicara Pancasila

Pelatihan Juru Bicara Pancasila di Yogyakarta Resmi Dibuka

Ada 140 orang yang mendaftar pada acara ini. Kami seleksi dan terpilihlah 40 peserta dari berbagai kalangan dan profesi

Berita NU, BANGKITMEDIA.COM

Bertempat di Hotel Horaios, Gedong Tengen, Pelatihan Juru Bicara Pancasila Yogyakarta resmi dibuka, Jum’at (16/11/2018) sore. Acara yang bakal digelar hingga Senin (19/11/2018)  tersebut terselenggara atas kerja sama Komunitas Bela Indonesia (KBI) dengan Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Gesikan.

Pengasuh Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Kiai Beny Susanto sebagai panitia lokal menyampaikan bahwa empat puluh peserta yang hadir merupakan peserta terpilih.

“Ada 140 orang yang mendaftar pada acara ini. Kami seleksi dan terpilihlah 40 peserta dari berbagai kalangan dan profesi. Ada mubaligh, penulis, jurnalis, aktivis mahasiswa, pastur dan lain sebagainya,” ungkap Kiai Beny di hadapan para peserta.

Kiai Beny juga menyampaikan bahwa Pesantren Sunan Kalijaga sebenarnya sudah melakukan Ngaji Pancasila sebagai bagian dari materi fiqh kebangsaan.

“Kami seringkali melakukan ngaji Pancasila melalui majelis taklim, dzikr sholawat dan doa di pesantren, masjid, mushola, langgar serta pasar. Tentu dengan adanya acara ini, ngaji Pancasila akan semakin luas,” ungkap Kiai Beny.

Baca Juga >  100 Penerbang Hadroh Ramaikan Haul Gus Dur

Sementara itu, Mila dari KBI Pusat menyampaikan apresiasi kepada para peserta yang memiliki komitmen mengikuti acara tersebut sampai selesai.

“Para peserta di sini adalah peserta terpilih yang tentu sudah menyepakati akan mengikuti acara ini hingga selesai. Kami ucapkan terima kasih,” ungkap Mila

Mila dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa KBI merupakan lembaga independen yang terlepas dari pihak dan kelompok politik mana pun

“KBI terbentuk karena keresahan bersama terkait menurunnya pendukung Pancasila sebesar 10% dalam 13 tahun terakhir,” tandas Mila.

Selama empat hari, para peserta akan mendapatkan materi tentang wawasan kebangsaan, Pancasila dan bahaya radikalisme. (rk)