kh sholeh qosim sidoarjo
Berita

NU Berduka, KH Sholeh Qosim Sidoarjo Wafat

Berita NU, BANGKITMEDIA.COM

YOGYA- Warga NU kembali berduka. Baru saja sosok ulama’ kharismatik asal Sidoarjo wafat, yakni KH Sholeh Qosim. Innalillahi wa Inna Ilaihi Rajiun…..

Berita wafatnya Kiai Sholeh Qosim beredar di media sosial sejak pukul 18.30 WIB, Kamis malam Jum’at (10/05).

Gus Miftah, salah satu cucu Kiai Sholeh Qosim, menjelaskan bahwa wafatnya Kiai Sholeh Qosim ketika kondisi sedang sujud dan tasbih masih melekat di tangannya.

Kiai Sholeh Qosim termasuk sosok ulama pejuang kemerdekaan. Masa mudanya sudah berjuang melalui barisan Hizbullah dan Sabilillah. Selama dalam barisan Hizbullah, Kiai Sholeh Qosim muda sangat semangat berjuang di barisan para ulama’. Mars Subbanul Wathol sangat diingatnya sebagai mars yang membangkitkan perjuangan santri dan kiai.

Pada waktu HUT ke-72 TNI di Cilegon Banten tahun 2017, Presiden Jokowi mencium tangan Kiai Sholeh Qosim dengan penuh hormat.

Kiai Qosim lahir di Sidoarjo pada tahun 1930. Kiai Qosim adalah pengasuh Ponpes Bahauddin Al-Islami, Sidoarjo. Saat perang kemerdekaan, dia ikut mengangkat senjata menjadi anggota laskar Hizbullah tahun 1943 pimpinan KH Masykur, yang berjuang pada 10 November di Surabaya.

Semoga beliau husnul khotimah. Al-Fatihah…. (rd)

donasi bangkit

Advertisement

Fans Page

Advertisement