Konsep Unik : PAC Fatayat NU Saptosari Gelar Prosesi Pelantikan di Tepi Pantai

Posted on

Berita NU, BANGKITMEDIA.COM
Gunung Kidul – Pimpinan Anak Cabang Fatayat NU Saptosari menggelar pelantikan pengurus Masa Khidmat 2019-2023 dengan konsep unik yaitu di tepi Pantai Ngobaran, Saptosari Gunungkidul. Acara ini dilaksanakan pada selasa (05/02) pagi.

Acara sakral ini dihadiri langsung oleh ketua Pimpinan Wilayah Fatayat NU DIY, Khotimatul Husna, Koordinator Litbang PW Fatayat NU DIY Siti Muyasarotul Hafidhoh, dan ketua PAC Fatayat NU Kabupaten Gunungkidul Laily Fauziyah. Acara berlangsung meriah dan Khidmat.

Dalam sambutannya, ketua PW Fatayat NU DIY memberikan apresiasi terhadap PAC Fatayat Saptosari yang aktif dengan jumlah pengurus terbanyak yang pernah di lantik. Beliau juga menghimbau bahwa anggota Fatayat NU harus hebat, karena memegang peran yang sangat strategis dalam syiar dan dakwah ahlussunah wal jamaah.

“Padatnya peran sebagai ibu rumah tangga yang masih sangat produktif nyatanya tidak menjadi alasan bagi anggota Fatayat NU untuk bergabung dan menimba banyak ilmu dalam kegiatan-kegiatan Fatayat NU” tambah Mbak Khotim sapaan akrab beliau.

Khotim menambahkan bahwa dengan niat yang ikhlas untuk kebaikan maka apapun yang menjadi halangan akan bisa dilalui.

“Banyak sekali pengalaman spiritual yang saya rasakan langsung secara pribadi dalam setiap agenda Fatayat NU yang telah dilaksanakan tegas Khotimatul Husna sambil berurai air mata penuh haru.

Beliau meyakinkan bahwa selalu ada kekuatan yang entah dari mana datangnya yang tiba-tiba memudahkan serta membantu saat niat baik dan ikhlas mulai di pasangkan.

Dalam pelantikan ini, berlangsung pula prosesi baiat pengurus Pimpinan Anak Cabang Fatayat NU Saptosari yang berlangsung Khidmat, dipimpin langsung oleh Ketua Pimpinan Cabang Fatayat NU Gunungkidul. Dengan baiat ini diharapkan seluruh pengurus yang dilantik menjiwai perannya sebagai pengurus Fatayat NU serta melaksanakan tugasnya dengan baik, penuh tanggung jawab dan berdedikasi untuk organisasi Nahdatul Ulama.

Baca Juga >  Rais Amm PBNU : Mari Bung Rebut Kembali, Potensi Ekonomi Ummat!

Dalam kesempatan yang sama, Nurlaily Fatayati selaku ketua panitia menyampaikan bahwa PAC Fatayat NU Saptosari mempunyai kader kader yang potensial dan sangat aktif. Hal ini terbukti dalam banyaknya agenda kegiatan yang berhasil terlaksana sejak sebelum pelantikan digelar.

“Kami PAC Fatayat Saptosari juga bertekat untuk ikut bersinergi dalam mengembangkan potensi yang dimiliki Gunungkidul meski dalam lingkup terkecil” ucap Nurlaily di tengah sambutannya.

Prosesi pelantikan dengan lokasi yang belum pernah ada sebelumnya yaitu di kawasan pantai Ngobaran kecamatan Saptosari kali ini juga merupakan salah satu aksi, untuk menyebarluaskan potensi wisata Gunungkidul, terutama di kawasan kecamatan Saptosari.

Pimpinan Wilayah Fatayat NU DIY juga baru saja sukses menggelar GARFA (Garda Fatayat) yang merupakan wadah kegiatan bagi perempuan-perempuan yang memiliki skill khusus. Dalam kegiatan ini, perempuan NU dibekali dengan ketrampilan khusus seperti protokoler, tanggap bencana, dan rescue. Kegiatan ini dirasa penting dan bermanfaat, sebab jamaah perempuan tidak sedikit jumlahnya.

Dalam setiap event besar, dibutuhkan petugas protokoler perempuan yang memiliki ketrampilan dalam manajemen massa dan memberikan perlindungan kepada perempuan juga anak-anak. Begitu pula saat terjadi bencana, perempuan dan anak termasuk dalam kategori rentan. Kebutuhan perempuan dan anak berbeda dengan laki-laki. Pertolongan terhadap mereka sebagai korban bencana perlu pengetahuan, pengalaman, dan ketrampilan khusus. Fatayat NU mengambil posisi strategis ini yang kemudian di tuangkan dalam GARFA. (Nurlaily/Icin)