Kehangatan Gus Mus dan Mantunya, Gus Ulil Di Media Sosial

Kehangatan Gus Mus dan Mantunya, Gus Ulil di Media Sosial

Posted on

Siapa yang tidak kenal dengan KH. Mustofa Bisri (Gus Mus), salah satu Kiai kharismatik yang dimiliki Nahdlatul Ulama (NU) dan juga KH. Ulil Abshar Abdalla (Gus Ulil) yang juga merupakan menantu dari Gus Mus dan pengasuh ngaji ihya’ di akun Facebooknya.

Belum lama ini Gus Mus dan Gus Ulil beserta keluarganya berangkat melaksanakan Ibadah Umroh di Makkah Al Mukarromah, terlihat dari beberapa postingan di akun media sosialnya.

Ada hal yang menarik terlihat di akun Facebook Gus Ulil @Ulil Abshar Abdalla. Kala itu Gus Ulil memposting dirinya berfoto bersama mertuanya yakni Gus Mus, dari foto tersebut kedua Kiai ini tampak “gundul”, nampaknya baru selesai melaksanakan salah satu rangkaian ibadah umroh yakni tahallul.

Tidak selesai disitu saja, kehangatan antara menantu dan mertua semakin terlihat ketika postingan Gus Ulil yang diberi judul “Ketika Gus Dur “dimarahi” Oleh Kiai Misbah” itu dikomentari langsung oleh Gus Mus melalui akunnya @Ahmad Mustofa Bisri, sebagai berikut:

“Hasilnya sama “gundul” meski biayanya berbeda. Kalau anakku Ulil harus membayar 30 real, aku hanya sepertiganya. Bukan karena dia kelebihan duit atau rambutnya banyak yang hitam dan rambutku putih semua, tapi karena dia tidak tahu tukang cukur yang murah” diikuti emotcon tertawa.

Sontak komentar Gus Mus tersebut mendapatkan tanggapan dari para penggemarnya.

salah satu akaun atas nama @Ackie Udin berkomentar:

Baca Juga >  Innalillahi... Selamat Jalan Buya Prof Dr H Yunahar Ilyas

“Terbukti pengalaman Abah Yai Ahmad Mustofa Bisri jauh di atas Lurah Pondok. Sebanding dengan warna rambut.” diikuti emoticon gembira dan salam takdzim.

Komnetar tersebut juga tak luput dari balasan sang pembuat postingan yakni Gus Ulil, Gus Ulil pun membalas postingan akun @Ackie Udin tersebut:

“@Ackie Udin, Mbah Mus hiduplama di Arab, Ajeungan. Kalau saya hidup lama di Bekasi.”

Postingan tersebut menjadi viral dan sangat ramai di facebook sampai mendapatkan 4.000 lebih menyukai, 200 lebih memberi komentar dan dibagikan sebanyak 468 kali. Di akhir postingannya Gus Ulil memberikan keerangan gambar:

“Gundul bersama setelah tahallul (rampung) umrah kemarin. Biaya cukur gundul di Makkah tiga puluh ribu riyal, atau kira-kira 120 ribu rupiah.” Kredit foto: Hasil “photo editing” oleh Mbah Kakung Ahmad Mustofa Bisri.

Sungguh hangatnya hubungan antara Para Kiai kita dimanapun berada termasuk di Media Sosial sebagaimana yang dicontohkan oleh beliau KH. Mustofa Bisri dan menantunya KH. Ulil Abshar Abdalla. Semoga para Kiai kita selalu diberikan kesehatan dan kenikmatan umur panjang dan semoga kita selalu mendapatkan pencerahan dan dapat meneladani akhlak beliau. Aamiiin (Ya2N)