Ini 5 Hal yang Dapat Merusak Pahala Puasa

Posted on

Berikut adalah 5 hal yang dapat merusah pahala puasa dalam pernyataan ulama’:

خمسة ٱشياء تحبط الصوم أي تبطل ثوابه الكذب والغيبة والنميمة واليمين الغموس والنظر بالشهوة

“Ada lima perkara dapat merusakkan puasa, artinya menggugurkan pahala puasa”.

1. Berbohong/berdusta. Berbohong atau berdusta di bulan Ramadhan memang tidak membatalkan puasa tapi dapat menggagalkan pahala puasa.

Info Peluang Usaha Depot Air Minum Isi Ulang by INVIRO

2. Menggunjing orang lain. Hal ini dapat menghancur pahala berpuasa kita, maka puasa tidak hanya menahan makan dan minum tetapi menjaga mulut.

3. Mengadu domba. Perbuatan ini paling dibenci oleh Allah SWT, apalagi dilakukan pada bulan Ramadhan, dimana saatnya kita harus menjaga mulut kita.

4. Sumpah palsu. Sumpah palsu atau melakukan perbuatan namun tidak mengakuinya, hal ini dapat juga dikatakan dengan berbohong.

5. Melihat dengan syahwat. Melihat dengan syahwat ini tentu saja dapat mengurangi pahala puasanya.

Kelima hal tsb merupakan virus perusak puasa, senada dg hadits Nabi SAW yang sangat shahih diriwayatkan oleh Imam Al Bukhari dan Imam Muslim.

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال :
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : فإذا كان يوم صوم أحدكم ، فلا يرفث ولا يصخب ، فإن سابه أحد أو قاتله ، فليقل : إني صائم
متفق عليه

”Apabila kalian dihari puasa kalian janganlah berkata keji dan mengumpat, apabila ada yang mencela kalian atau memerangi kalian, maka katakan aku sedang berpuasa”

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال : قال النبي صلى الله عليه وسلم من لم يدع قول الزور والعمل به فليس لله حاجة في أن يدع طعامه وشرابه رواه البخاري

“Barangsiapa tidak meninggalkan perkataan dusta dan beramal dengannya maka Allah tidak butuh ketika dia meninggalkan makannya dan minumnya”

Semoga siyam kita terpelihara dari hama perusak pahala.

والله أعلمُ بالـصـواب

والله المستعان وعليه التكلان

Penulis: KH. Damanhuri, Khatib Syuriah PCNU Kabupaten Bantul D.I. Yogyakarta

Baca Juga >  Wahabi Tuduh Doa Bersama Usai Solat di Masjid Itu Bid’ah, Ini Jawaban Kiai Ma’ruf Khozin