Cerdas Bermedia

Derasnya Arus Informasi di Medsos Perlu Disikapi Dengan Bijak

Posted on

KARANGANYAR, BANGKITMEDIA.COM

Ratusan peserta mengikuti acara seminar nasional IT dan pelatihan desain yang diselenggarakan PAC Fatayat NU Jaten di Hotel BIP Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, Ahad (14/4). Acara yang mengusung tema “Menguasai IT, Menguasai Dunia!” ini menghadirkan 3 pemateri yakni Ustadz Zain As-Syujai (Ketua Umum Pusat Generasi Muda NU), Iqbal Yudha Anggoro (Cyber GP Ansor Pusat NU), dan Ajie Najmuddin ( Jurnalis NU Online).

Info Peluang Usaha Depot Air Minum Isi Ulang by INVIRO

Ketua PAC Fatayat NU Jaten Aqlima Naili Salsabila mengungkapkan acara pelatihan ini di selenggarakan dengan tujuan membangun kader cerdas bersosial media, paham akan dunia cyber dan memiliki kemampuan design untuk membuat konten-konten menarik di media sosial.

“Saya yakin, orang NU termasuk juga yang di Karanganyar punya potensi besar untuk menguasai media sosial dan menjadi kader militan NU. Kedepannya, insyaAllah dengan pembekalan ilmu serta pelatihan yang diberikan para narasumber, dapat menjadi motivasi kami untuk terus menggali potensi”, tutur Aqlima saat ditemui di sela acara.

Sementara itu, Jurnalis NU Online Ajie Najmuddin memaparkan di era digital saat ini, informasi datang terus-menerus tanpa terbendung. Untuk itulah perlu bijak dalam menyikapi derasnya arus informasi tersebut. Terlebih dengan maraknya berita yang terindikasi hoaks.

Baca Juga >  Tidak Mau Tabayun, Felix Malah Sebut Pendukung Islam Nusantara Sudah Tertutup Hatinya

“Kalau dulu kita harus mencari informasi melalui koran, radio dan TV, sekarang dengan kemajuan IT, informasilah yang mendatangi kita setiap saat dengan derasnya. Maka kita harus bisa menyikapi dengan bijak agar tidak merugikan kita sendiri,” terang Ajie yang juga pengurus LTN PCNU Boyolali.

Menurutnya, hal ini sesuai dengan pesan yang pernah disampaikan oleh KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). “Saya ingat salah satu dawuh Gus Dur : Globalisasi tidak bisa dihindarkan, tetapi bisa disiasati. Gadget, android, HP, internet, tidak bisa kita hindari, tapi kita bisa mencari siasat (memanfaatkannya),” tuturnya.

Acara pelatihan IT ini diikuti peserta dari berbagai Banom NU se-Karanganyar. Turut hadir dalam acara pembukaan Rais Syuriah PCNU Karanganyar KH Ahmad Hudaya, Ketua Tanfidziyah PCNU Karanganyar KH Ahmad Khusaeni, Kapolsek Tawangmangu Iptu Ismugiyanto, dan sejumlah tokoh lainnya. (rls/nry)