APPTNU Selenggarakan Webinar Nasional Wujudkan Perpustakaan Berkualitas Internasional

  • Whatsapp
APPTNU Selenggarakan Webinar Nasional Wujudkan Perpustakaan Berkualitas Internasional

APPTNU Selenggarakan Webinar Nasional Wujudkan Perpustakaan Berkualitas Internasional

Bangkitmedia, Selasa 16 Februari 2021 Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (APPTNU) menyelenggarakan Web Seminar (Webinar) Nasional  dengan mengusung tema “Akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU)“. Kegiatan ini diikuti 131 peserta yang merupakan perwakilan perpustakaan PTNU seluruh Indonesia melalui zoom meeting.

Pukul 09.00 WIB acara Webinar dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan mars Syubbanul Wathon kemudian sambutan sekaligus membuka acara secara resmi oleh Muhammad Afifi selaku Wakil Ketua Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LPTNU-PBNU).

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa perpustakaan di tengah kondisi perkembangan teknologi informasi dan pandemi menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan keberadaannya pada institusi pendidikan di Perguruan Tinggi sehingga adanya acara webinar seperti ini sangat bermanfaat karena dapat membangun sinergitas perpustakaan PTNU.

Baca juga: Kisah KH Atabik Ali Sampaikan Surat Pada KH Bisri Mustofa

“Perpustakaan menjadi episentrum dan memiliki nilai penting di masyarakat. APPTNU ini merupakan embrio karena menjadi asosiasi pertama yang resmi memiliki SK dari LPTNU” tangkasnya.

Sebelum dilanjutkan pemaparan materi dari narasumber, acara diawali dengan pembacaan do’a yang dipimpin Abdulloh Badruzzaman kepala perpustakaan UNU Yogyakarta sekaligus sekretaris APPTNU.

Acara menghadirkan Narasumber 1, Bapak Drs. Tisyo Haryono, MLS selaku asesor dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan Nasional dan Ibu Yeni Fitria Nurahman, S.IIP, Kepala Perpustakaan UNU Surabaya selaku Narasumber 2 dan Ibu Wahyuning Ucik kepala Perpustakaan Universitas  Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang sebagai moderator.

Narasumber pertama, Drs. Tisyo Haryono, MLS memaparkan materi  tentang “Standart Nasional Perpustakaan sebagai acuan dasar akreditasi dan akreditasi perpustakaan Perguruan Tinggi”. Dalam pemaparannya beliau banyak mengupas apa yang menjadi bekal bagi pengelola perpustakaan PTNU untuk menetapkan standard kualitas layanan yang maksimal serta siap mengikuti proses akreditasi.

Narasumber kedua, Yeni Fitria Nurahman, S.IIP sharing tentang pengalaman melakukan proses akreditasi dan memaparkan cara membuat  pengelola perpustakaan PTNU peserta webinar siap mencapai nilai “A” .

Kegiatan Webinar berlangsung sangat lancar dan menarik, terlihat dari antusiasme para peserta yang  mengajukan pertanyaan terkait materi akreditasi. Setelah acara sesi tanya jawab pada Webinar ini selesai, Webinar ditutup dengan pesan penting dari Bapak Drs. Tisyo Haryono, MLS yang menyampaikan bahwa akreditasi adalah alat bukan tujuan. Tujuan akhir adalah membangun layanan perpustakaan yang berkualitas yang dapat memenuhi kepuasan pemustaka secara berkelanjutan.

Demikian APPTNU Selenggarakan Webinar Nasional Wujudkan Perpustakaan Berkualitas Internasional, semoga bermanfaat.

(Nur Istiana)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *