apel hsn bantul

Apel HSN Bantul Tanamkan Nasionalisme

Posted on

 

Berita NU, BANGKITMEDIA.COM

BANTUL – Para santri berbondong-bondong mengikuti apel memperingati Hari Santri Nasional di Lapangan Trirenggo, Bantul pada pukul 08.00, Minggu (21/10/18). Apel ini dihadiri oleh para santri, para kyai dan pejabat – pejabat yang berada di Kabupaten Bantul. Tidak ketinggalan juga Wakil Bupati Bantul yang turut memeriahkan apel pada pagi hari ini.

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

Apel santri dimulai dengan penampilan grup hadroh. Kemudian pementasan drama kolosal resolusi jihad Mbah Hasyim Asy’ari. Drama ini menggambarkan perjuangan Mbah Hasyim dan para santri dalam rangka mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 22 oktober 1945 sampai dengan pecahnya perang di Surabaya tanggal 10 November 1945 yang biasa di sebut dengan Hari Pahlawan.

Baca Juga >  KH Ubaidillah Shodaqoh dan KH Muzammil  Pimpin PWNU Jateng 2018-2023

“Harapannya bisa meningkatkan jiwa nasionalisme, patriotisme para santri sekarang ini, bahwa memang santri itu mempunyai tugas untuk berjuang demi bangsa guna mempertahankan kemerdekaan dan terus memupuk rasa kebangsaan dan nasionalisme,” tutur Gus Atho’ selaku Ketua Panitia HSN Bantul.

Setelah apel selesai, dilanjutkan dengan kirab oleh masing – masing pondok pesantren yang jumlahya kurang lebih 15 ribu santri. Untuk rute kirab sendiri dimulai dari lapangan Trirenggo  ke Jln. Protokol, Jln. Jendral Soedirman sampai ke halaman parkir Polres Bantul. (Naila/An)