Puasa dan Pola Hidup Sehat Sesuai Sunnah Nabi

Puasa dan Pola Hidup Sehat Sesuai Sunnah Nabi

Posted on

“Puasalah kalian, maka kalian akan jadi sehat.” Ini pesan Nabi Muhammad yang sangat penting untuk direnungkan bersama dalam menjalani puasa ramadhan. Puasa bukanlah ajaran Islam yang membuat umatnya jadi lemah dan malas bekerja. Sama sekali bukan itu. Justru, puasalah yang menjadikan umat Islam akan menjadi pribadi yang sehat dan berkualitas.

Sejarah hidup Nabi, para sahabat, dan para ulama menjadi saksi nyata bahwa puasa justru menjadikan tubuh jadi sehat wal afiat. Untuk itu, saatnya kita meneladani pola hidup sehat Nabi, sehingga puasa menjadikan hidup kita tambah sehat dan bugar.

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

Pola makan yang baik telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Rasulullah SAW tidak hanya menyontohkan keteladanan dari segi ibadah dan agamanya saja, namun juga dari kesehariannya. Lalu, bagaimanakah pola hidup sehat dari Rasulullah SAW? Berikut informasi selengkapnya.

1. Segelas Air Dingin Dicampur Madu Asli untuk Sarapan

Hal pertama yang dilakukan oleh Rasulullah SAW agar hidup sehat adalah ketika mengawali pagi harinya dengan sarapan. Menu sarapan beliau adalah segelas air dingin dicampur dengan madu asli.

Dari segi dunia medis, madu ternyata mempunyai fungsi sebagai obat yang memiliki banyak manfaat. Di antaranya adalah dapat mengaktifkan usus-usus dan membersihkan lambung. Mengonsumsi madu juga dipercaya dapat menyembuhkan peradangan, sembelit dan wasir yang tentunya atas izin Allah SWT.

2. Tujuh Buah Kurma di Waktu Dhuha

Pada saat memasuki waktu Shalat Dhua, Rasulullah SAW juga mengonsumsi 7 kurma matang. Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang mengkonsumsi tujuh buah kurma, maka Ia akan terlindungi dari segala jenis racun”.

3. Roti dicampur Cuka dan Minyak Zaitun untuk Makan Siang

Saat waktu jam makan siang tiba, Rasulullah SAW mengonsumsi roti dicampur dengan cuka dan minyak zaitun. Semua jenis makanan yang dikonsumsi oleh Rasulullah tersebut ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Manfaat tersebut di antaranya dapat mencegah kepikunan, lemah tulang, bahkan hingga penyakit kanker.

Baca Juga >  Meningkatkan Imun Tubuh ala Kedokteran Timur

4. Sayuran atau Tsarid di Malam Hari

Pola makan Rasulullah selanjutnya adalah ketika malam hari beliau suka makanan sayuran. Tidak hanya itu, beliau juga kerap mengkonsumsi tsarid yakni campuran daging dan roti dicampur dengan kuah air masak. Labu air merupakan buah kesukaan Rasulullah, ternyata bisa mencegah penyakit gula. Ternyata Rasulullah juga suka mengkonsumsi buah anggur dan juga susu.

5. Tidak Langsung Tidur Setelah Makan

Setelah makan, Rasulullah SAW tidak langsung tidur. Sebelum tidur, Rasulullah beraktivitas secara ringan agar makanan yang ada di usus dapat dicerna dengan baik. Biasanya aktivitas yang dilakukan oleh Rasulullah SAW tersebut adalah dengan shalat.

6. Berolahraga Ringan

Rasulullah juga menjaga kesehatannya dengan cara berolahraga. Olahraga berat Rasulullah SAW adalah memanah dan berkuda. Namun, beliau juga suka melakukan olahraga ringan seperti bermain dengan anak dan cucunya. Rasulullah juga pernah lomba lari bersama istrinya Aisyah radiyallahu’anha. Selain menjadi sehat, tentu itu akan menambah keharmonisan rumah tangga.

7. Tidur Lebih Awal dan Tidak Begadang

Pola hidup sehat terakhir yang dilakukan manusia paling mulia di bumi ini adalah dengan tidur di awal waktu. Beliau sangat menganjurkan umatnya agar tidak begadang. Rasulullah lebih memiliah tidur lebih awal setelah shalat isya, ini bertujuan agar beliau bisa bangun untuk shalat tahajjud dan subuh.

Demikianlah pola hidup sehat yang dapat diteladani dari Rasulullah SAW. Oleh karena itu, alangkah lebih baik apabila kita mengikuti hal-hal kebaikan yang sudah dilakukan oleh Rasulullah tersebut. (Mukhlisin)