Abdul-qadir-Jailani

Peran Mursyid Menurut Syaikh Abdul Qadir al-Jilani

Posted on

Di dalam Kitab Futuhul Ghaib di bagian ke-17 Syaikh Abdul Qadir al-Jilani menjelaskan, “Sang guru dibutuhkan selama si murid masih terbelenggu hawa nafsu dan kehendak, dalam rangka menghancurkan keduanya. Tetapi begitu keduanya musnah, maka keberadaan sang guru tak lagi dibutuhkan. Sebab pada dirinya tak ada lagi noda dan kekurangan.”

Baik guru maupun murid spiritual, haruslah memiliki kesamaan visi dalam upaya mencapai puncak spiritualitas, yaitu penyucian jiwa dari segala kotoran makhluk dan hawa nafsu. Di luar visi itu, pengembaraan spiritual mengalami disorientasi. Inilah yang secara menukik disinggung oleh Syaikh Abdul Qadir di salah satu bagian Kitab Futuhul Ghaib:

“Barang siapa menghendaki akhirat, wajib baginya zuhud terhadap dunia. Barang siapa menghendaki Allah, wajib baginya zuhud terhadap akhirat. Maka dia harus mencampakkan dunianya demi akhirat, dan mencampakkan akhirat demi Tuhannya.”

Menurut Syaikh Abdul Qadir, syirik itu bukan hanya menyembah berhala. Mengikuti hawa nafsu, menambatkan hati pada sesuatu selain Allah dari dunia–bahkan akhirat–beserta isinya, juga syirik. Sebab, selain Allah adalah bukan Tuhan.

Baca Juga >  Apa Kita Rela Masjid Dikuasai Kelompok Radikal?

“Bila kau tenggelamkan dirimu dalam sesuatu selain Allah, berarti kau telah menyekutukanNya,” ujarnya.

Konsep “memurnikan tauhid” menurut Syaikh Abdul Qadir harus pula menyentuh hal-hal yang tak kasat mata, seperti ketergantungan terhadap makhluk, bahkan terhadap diri sendiri.

Ketika seseorang telah dapat mencapai titik ini, ia akan dikarunia kemampuan “mencipta” dan dapat melakukan hal-hal luar biasa, di mana segala sesuatu yang ia inginkan pasti terjadi, karena kehendaknya telah selaras dengan kehendak dan perbuatan Tuhan.

Artinya, kehendak dan perbuatannya sejatinya juga merupakan kehendak dan perbuatan Tuhan. Inilah yang menjelaskan mengapa Syaikh Abdul Qadir al-Jilani bisa melakukan hal-hal di luar adat kebiasaan.

Penulis: Agus Khudlori.