Simtudduror

Maulid Simthudduror dan Kisah Rahasia di Balik Penciptaan Nur Muhammad

Posted on

Kitab Maulid Simthudduror karya Al-‘Aarif Billah Al-Qutbil Wujud Al Habib Ali bin Muhammad bin Husein Al-Habsyi sungguh fenomenal. Semakin hari, makin banyak orang yang jatuh cinta dengan kitab maulid ini. Bagaimana memahami kisab maulid yang bisa menambah kita makin jatuh cinta kepada Nabi Muhammad SAW?

Dalam majlis Bedah Kitab Maulid Simthudduror di Masjid Jami’ Assegaf Solo, Al Habib Alwi bin Ali bin Alwi bin Ali Al-Habsyi memberikan penjelasan tentang fasal 5 pada kitab Maulid Simthudduror.

Habib Alwi menjelaskan, bahwa Allah SWT sebelum menciptakan segala sesuatu maka Allah menciptakan Nur Muhammad Rasulullah Saw.  Dari Nur Muhammad, maka Allah SWT kemudian baru mencipta bumi, bulan, malaikat, surga dan lainnya.

Suatu ketika malaikat Jibril As mendatangi Rasulullah Saw, kemudian Rasul bertanya kepada Jibril: “berapa umurmu, wahai Jibril?

Jibril kemudian menunjuk pada sebuah bintang dan berkata: “tahukan engkau wahai Rasulullah bintang itu?”

Rasul berkata: “Mengapa dengan bintang itu yaa Jibril?”

Baca Juga >  Kisah Syekh Abdurrahman Bajalhaban: Diangkat Jadi Wali Karna Sabar Hadapi Istri

Lalu kata Jibril: “Bintang itu hanya dapat dilihat 70.000 tahun sekali dan aku sudah melihat bintang itu sebanyak 70.000 kali, maka itulah umurku wahai Rasulullah”

Kemudian Rasulullah Saw bertanya lagi kepada Jibril: “Tahukah engkau siapa/apa bintang itu?”

Lalu kata Jibril: “Hanya Allah SWT dan Rasulnya yang tau.”

Rasul pun menjawab: “Ketahuilah bahwa bintang itu adakah aku”.

Ketika Sayyidina Nabi Adam As dicipta sendirian di surga hingga beliau meminta teman, maka datanglah Ibunda Siti Hawa dan dinikahkan dengan mahar apa? yaitu dengan membaca membaca sholawat kepada Nabi Muhammad.

اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد

Wallahu a’lam, semoga bermanfaat.

(Abu Umar/Bangkitmedia.com)