Habib yang banyak memiliki Karomah atau keramat itu bernama Habib Ahmad bin Alwi al Hadad.

Karomah Habib Kuncung Yang Unik dan Penuh Hikmah

Posted on

Karomah Habib Kuncung Yang Unik dan Penuh Hikmah.

Habib yang banyak memiliki Karomah atau keramat itu bernama Habib Ahmad bin Alwi al Hadad. Namun beliau lebih dikenal dengan sebutan Habib Kuncung. Karomah Habib Kuncung bila dikisahkan selalu menarik untuk disimak, karena ketinggian maqom yang dimilikinya sehingga Allah SWT memberikan beberapa kelebihan kepada beliau. Keistiqomahan dan tawadunya serta kehidupan dalam kezuhudan selalu menyertainya. Berikut kumpulan kisah karomah Habib kuncung yang unik dan aneh ini.

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

Cerita mengenai salah satu karomah Habib Kuncung adalah saat dia hendak naik Kereta Api ke Bogor namun dilarang oleh salah satu petugas yang pada waktu itu Indonesia masih dijajah oleh Belanda.

Salah satu petugas melarangnya untuk naik dengan alasan karena pakaian yang dikenakan Habib Kuncung tidak bagus selayaknya orang yang mau naik kereta api pada waktu itu.

Namun ketika kereta mau diberangkatkan mesinnya tidak mau menyala tanpa ada sebab yang jelas. Sampai diturunkan montir untuk mengecek kondisi mesin kereta yang ternyata masih bagus.

Pihak stasiun heran dan bingung sampai ada seorang petugas kereta api yang mengetahui keberadaan Habib Kuncung yang merupakan salah satu habaib yang mempunyai nasab langsung ke Nabi Muhammad SAW. Lalu petugas meminta maaf dan menyuruhnya untuk naik ke atas kereta anehnya kereta pun bisa berjalan.

Salah satu karomah lainnya yaitu ketika para ulama berkumpul di Kwitang. Mereka ingin melakukan perjalanan ke Cirebon memenuhi sebuah undangan. Saat itu Habib Kuncung agak terlupakan hingga tidak ikut rombongan ke stasiun.

Baca Juga >  Kiai Hamid Pasuruan, Bertemu Rasulullah SAW Saat Maulidan

Para ulama berangkat pada pukul 07.30 pagi. Sesampainya di Stasiun Cirebon, ternyata para ulama menemukan Habib Kuncung sudah disana. Ketika ditanya, beliau mengaku sudah berada di stasiun itu sejak pukul 07.30 WIB.

Rupanya ketika rombongan ulama berangkat ke stasiun, naik kereta menuju Cirebon, Habib Kuncung juga berangkat ke Cirebon tapi dengan caranya sendiri.

Pernah pula suatu ketika Habib Kuncung membakar sampah dalam lubang besar, di sekitar lubang itu terdapat pohon pisang.

Rupanya pohon pisang itu sengaja ditanam orang. Terang saja, melihat lubang sampah itu dibakar, pemilik pohon pisang marah besar kepada Habib Kuncung.

Sang habib pun hanya diam hingga api itu padam. Ternyata pohon pisang itu tak ada yang mati, bahkan kemudian malah lebih bagus tumbuhnya.

Karomahnya yang lain yaitu setiap kali Habib Kuncung memakai jasa tukang delman, delman itu pasti pulang lebih awal karena setoran menjadi mudah tercukupi.

Kusirnya juga akan pulang dengan uang yang lebih dari biasanya. Makanya banyak sekali tukang delman yang mengharap-harap agar delmannya dinaiki Habib Kuncung.

Demikian artikel tentang Karomah Habib Kuncung Yang Unik dan Penuh Hikmah. Semoga bermanfaat.