Gus Bahaudin Nursalim Rembang

Ini Pesan Gus Baha untuk Mahasiswa Al Azhar Mesir dalam Menuntut Ilmu

Posted on

Pertemuan Alfaqir dengan Gus Baha di salah satu hotel di Madinah Al Munawarah menyisakan banyak pelajaran salah satunya yang ingin Alfaqir tuliskan di sini dengan sedikit penjelasan yang Alfaqir tambahkan dengan berusaha semoga sesuai dengan Gus Baha maksudkan.

  1. Uripmu iku ojo di program apik apik, kalau kamu sibuk ngurus apike uripmu nanti Gusti Allah urus opo?! Note; menurut hemat Alfqir beliau memaksudkan agar kita jangan sibuk mengurus sesuatu yang sudah jadi tanggungan Allah Swt seperti, rezeki jodoh dsb, hal ini senada dengan perkataan Ibnu Atahillah Asskandary, seorang ulama Syadzilian yang beliau kagumi dalam hikamnya.

اجتهادك فيما ضمن لك وتقصيرك فيما طلب منك دليل علي إنطماس بصيرة منك

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

  1. Jadi thalib ilmi itu harus selesai baca kitabnya, minimal pernah khatam. Karena kalau diibaratkan thalib yang sudah khatam itu seperti orang yang pernah bangun rumah. Dia akan tau takaran semen dan pasir, diapun juga tau kapan pakai paku dan kapan pakai skrup. Note; Tentu kita sudah paham dengan nasehat beliau yang satu ini, yang berarti ilmu itu adalah satu kesatuan sehingga kita harus mempelajarinya sampai selesai agar pemahaman yang terbentuk kokoh dan sesuai porsinya.
Baca Juga >  Belajar Islam Indonesia (2)

اصبِر عَلى مُرِّ الجَفَا مِن مُعَلِّمٍ فَإِن رُسُوب العِلمِ في نَفَراتِهِ

  1. Jadi seorang thalib di Universitas ternama kalian tidak perlu ingin terlihat berbeda, jangan bahas hal-hal yang tsawabit atau Alma’lum mina Al din Bidharurah sehingga menimbulkan polemik seperti kejadian belakangan ini. Kalian hanya perlu mengkaji yang dalam kitab turast lalu sajikan dengan uslub yang baru. Note; Maksud beliau saat menulis risalah magister atau doktoral. Sebagai seorang azhari pasti paham dengan nasehat ini.

 

Terakhir Alfaqir minta maaf bila ada salah dalam penulisannya.

Sumber: Fanspage NgajiKu