Foto Kenangan Madrasah Pancasila NU di Tambakberas Jombang

Posted on

Foto Kenangan Madrasah Pancasila NU di Tambakberas Jombang.

Madrasah Pantjasila Nahdlatul Ulama Tambakberas. Berdasar cerita dari Gus Maimun Mutho (cucu Mbah Kiai Hamid Chasbullah yang saat ini menjadi salah satu pengasuh PP. Mambaul Ulum Paiton) bahwa foto paling kanan itu adalah almarhum KH. Irsyad Thohir mindoan abahnya Gus Maimun (KH. Abdulloh Abu Hasan). Rumah KH. Irsyad Thohir yang wafat di Makkah ini berada di Sukodadi, Paiton, Probolinggo.

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

KH. Irsyad Thohir alumni Tambakberas sekitar tahun 1955-1957. Setelah Mbah Hamid Chasbullah wafat, beliau boyong. Kata KH. irsyad Thohir kepada Gus Maimun, foto itu lokasinya di barat ndalemnya (rumah) Mbah Kiai Wahab.

Saya tidak perlu menjelaskan bagaimana ikatan pikiran dan batin antara santri, Pancasila dan Nahdlatul Ulama. Silakan lihat foto itu saja.

Baca Juga >  Kisah Syekh Ahmad Mutamakkin Melihat Cahaya Haji Syamsuddin

MADRASAH PANTJASILA NU TAMBAKBERAS (2)

Masih dari kiriman Gus Maimun, dua foto ini asli dan disimpan di rumah Gus Maimun.

Foto pertama, yang sebelah kanan adalah KH. Khoiri (alumni Tambakberas), kakaknya KH. Abdulloh Abu Hasan. Lokasi juga di depan Madrasah Pantja Sila.

Foto kedua, adalah sama dengan foto yang telah saya unggah tadi.

Demikian Foto Kenangan Madrasah Pancasila NU di Tambakberas Jombang.

Penulis: Dr KH Ainur Rofiq Al Amin, Pesantren Tambakberas Jombang.