Banyak Dokter Gugur, Ketua LKNU DIY Minta Pemerintah Perhatikan Petugas Medis

Banyak Dokter Gugur, Ketua LKNU DIY Minta Pemerintah Perhatikan Petugas Medis

Posted on

YOGYAKARTA, BANGKITMEDIA

Berdasarkan data yang disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo, ada 13 dokter meninggal dunia selama menangani wabah Covid-19. Data tersebut disampaikan oleh Doni dalam rapat kerja dengan Komisi IX melalui konferensi video, Kamis (2/4/2020).

KLIK DISINI untuk mengirim WA (tanpa harus menyimpan nomor terlebih dahulu) ke Call Center NU Care LAZISNU DIY, untuk konsultasi/tanya-tanya.

“Data yang masuk dari lapangan 13 dokter kita telah mendahului, meninggal dunia,” ujar Doni.

Menanggapi fakta tersebut, Ketua PW Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) DIY dr. Barir Cahyono mengaku sangat prihatin.

“Saya Barir Cahyono, Ketua Lembaga Kesehatan NU PWDIY sangat prihatin dengan gugurnya para paramedis dokter-dokter yang berada di garis depan melawan Covid-19,” tegas Barier kepada bangkitmedia.com, Sabtu (4/04/2020).

Barir menyampaikan bahwa berdasarkan para dokter yang gugur untuk membantu tanggap darurat, pasien covid-19 adalah para pahlawan yang luar biasa.

“Kejadian gugurnya para dokter dan petugas medis ini dikarenakan kekurangan  koordinasi dan Alat Pelindung Diri (APD) di dalam rumah sakit itu sendiri. Menurut data IDI (Ikatan Dokter Indonesia), jumlahnya ada 22 dokter yang gugur,” katanya.

Mereka, lanjut Barir, rata-rata yaitu para dokter yang bekerja di dalam RS, di mana RS itu ada pasien Covid-19 yang positif atau OPD.

“Ini akan jadi preseden buruk dan akan sangat mengurangi etos kerja para dokter dan para perawat yang merawat PDP dan pasien covid 19,” tegasnya.

Baca Juga >  Kiai Mojokerto Tafsirkan Mimpi Bertemu Gus Dur tentang Berakhirnya Corona

Barier kemudian meminta kepada masyarakat dan pemerintah agar membantu menyediakan APD yang cukup.

“Saya minta semua masyarakat dan khususnya pemerintah untuk cepet membantu APD yang sangat diperlukan oleh para dokter untuk bekerja,” tegasnya.

Barir juga meminta dukungan moral dan mental dari semua elemen bangsa kepada para dokter dan petugas medis.

“Para dokter dan petugas media itu manusia. Mereka pasti juga sama dengan yang lain. Demikian juga keluarga dokter. Untuk itu, kami minta dukungan moral dari seluruh elemen bangsa agar semua dokter diberikan kekuatan Allah SWT dalam berjuang melawan covid-19 ini. Dengan dukungan ini, para dokter akan semakin teguh dalam berjuang untuk masa depan bangsa ini,” pungkasnya. (Rokhim Nur/Bangkitmedia.com)

 

Bersama Satgas NU DIY Peduli Covid-19.

Rek. PWNU DIY, Mandiri : 1370016865038

Cp : 0812-2757-5334

Rekening an. Lazisnu DIY

BRI : 0245 01 0071 4653 4

Mandiri : 137 000 1926 886

BCA : 8020 88 1926