Shekh Abdul Qadir Al-Jailani
Shekh Abdul Qadir Al-Jailani

7 Kejadian Mistis di Luar Rasionalitas tentang Shekh Abdul Qadir Al-Jailani

Nama Syekh Abdul Qodir Jailani sudah sangat santer di Indonesia. Beliau adalah waliyullah paling masyhur dan paling banyak diadakan haulnya, yakni pada tanggal sebelas setiap bulannya. Tokoh ini adalah pendiri tarekat Qodariyah yang terkenal dengan banyaknya karamah dan kejadian-kejadian mistis yang dimiliki, tentunya atas izin Allah.

Banyak kisah dan kejadian mistis yang dialami oleh syekh Abdul Qodir Jailani yang mana hal itu menunjukkan kekaromahan dan kewaliyan beliau, bahkan hal itu sudah nampak sejak beliau masih kecil. Berikut beberapa kisah dan kejadian mistis yang ditulis dalam buku Manaqib Syekh Abdul Qodir Jailani;

  1. Berpuasa Sejak Bayi

Saat masih bayi, Syekh Abdul Qodir tidak pernah minum air susu ibunya jika pada bulan Ramadhan. Beliau turut berpuasa dan tidak mau makan apapun meski beliau masih bayi.

  1. Ditantang Oleh 100 Ulama

Syekh Abdul Qodir didatangi oleh 100 ulama untuk coba menandingi keilmuan beliau. Setelah 100 Ulama itu tiba di rumah Syekh Abdul Qodir, mereka dipersilahkan duduk, kemudian Syekh Abdul Qodir menundukkan kepala, lalu dari dada beliau keluarlah cahaya terang. Kemudian cahaya tersebut menyelimuti hati para ulama tadi, hingga para ulama merasa kagum dan mengurungkan pertanyaannya tadi.

  1. Menghidupkan Bangkai Ayam

Saat itu syekh Abdul Qodir berada di warung, kemudian ada wanita menantang Syekh agar menunjukan kewaliannya. Namun Syekh tidak mau sebab ia merasa bahwa dirinya hanyalah orang biasa. Setelah itu wanita tadi melempari Syekh dengan bangkai ayam. Maka Syekh Abdul Qodir mengambil bangkai ayam itu dan berdoa kepada Allah, alhasil, bangkai tadi hidup kembali.

  1. Berguru Kepada Nabi Khidir AS
Baca Juga >  Pesan KH. Syaerozi Lamongan Sebelum Wafat

Pada usianya yang sudah matang, Syekh didatangi oleh seseorang yang arif, dan beliau tahu bahwa itu adalah Nabi Khidir. Syekh berkata kepada Nabi Khidir A.S, “Wahai Khidir sesungguhnya kamu tidak akan sanggup bersamaku, sebab aku bukanlah seperti Nabi Musa”. Maka Nabi Khidir A.S. pun menerimanya menjadi murid.

  1. Memerintah Angin

Syekh sedang ada di sawah, kemudian beliau melihat seorang nenek yang menangis karena padinya dimakan oleh burung-burung. Kemudian Syekh memerintahkan angin, “Wahai angin turunkan semua burung-burung itu, penggallah kepalanya.” Maka burung-burung itu jatuh dan satu persatu padi itu dikeluarkan dari perut si burung, dan dikembalikanlah padi itu kepada si nenek. Kemudian Syekh berdoa kepada Allah agar burung-burung tadi bisa hidup lagi, walhasil burung-burung itu kembali terbang.

  1. Jin Ketakutan pada Syekh Abdul Qodir

Suatu saat ada seseorang yang kesurupan, kemudian dibawa kepada Syekh Abdul Qodir. Sebelum tiba di rumah Syekh, orang tadi sudah sembuh, karena jinnya takut saat mendengar nama Syekh Abdul Qodir Jailani.

  1. Bisa Melayang

Dikisahkan oleh Imam Al-Khattab, bahwa Syekh Abdul Qodir pernah memberikan ceramah agama, kemudian beliau selangkah demi selangkah menaiki udara yang seakan-akan ada tangganya. Dan hal itu disaksikan oleh para jamaah.

Demikianlah beberapa karomah dan kejaidna mistis yang dialami Syekh Abdul Qodir Jailani, sebenarnya banyak seklai tentang karomah beliau, hanya saja tidak cukup untuk menuturka semuanya.

Baca Juga >  Mbah Mat Jipang dan Kisah Karomah Syeikh Mashduqi Lasem

Sumber: Zainuddin, Manaqib Syekh Abdul Qodir Jailani, Surabaya: Pustaka Sufi, 1981