Budaya

UNY Selenggarakan Festival Global Culture 2017

_DSC0382

Yogyakarta, Bangkitmedia.com– Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan acara Festival Global Culture yang ke-9 pada Senin, (20/3/17) yang bertempat di Gedung Olah Raga (GOR). Acara ini menampilkan 26 stand negara bernuansa local wisdom dan 29 stand locality Provinsi se–nusantara.  Provinsi  Aceh menempati stand pertama diantara stand kebudayaan dunia lainnya.

Acara dibuka oleh Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Prof. Rachmat Wahab pada Senin pagi, sekitar pukul 10.00 WIB. Usai membuka acara, prof. Rachmat yang juga Ketua PWNU DIY 2011 – 2016, kemudian mengunjungi stand masing-masing kebudayaan nusantara dan dunia. Acara dilanjutkan dengan penampilan seni kebudayaan lokal masing-masing daerah dan negara, dan ditutup dengan pawai kebudayaan mengelilingi UNY selama satu 60 menit.

Barisan pawai kebudayaan dari nusantara berada di garda paling depan. Dalam kesempatan kali ini, perwakilan mahasiswa asal Aceh kembali memimpin barisan pawai. Setelahnya diikuti barisan dari kontestan daerah lainnya, juga dari berbagai kebudayaan dunia.

Adanya ajang Festival Global Culture yang diselenggarakan UNY menunukkan bahwa Yogyakarta sebagai kota pendidikan telah memfasilitasi bertemunya putra-putri terbaik dari berbagai daerah dan mancanegara dengan kebudayaannya masing-masing. Putra-putri daerah tersebut tentu patut mendapatkan apresiasi dari pemerintah daerah setempat. (Ridho Agung/Anas)