Berita

Tunjukkan Jiwa Gotong Royong, Peserta Perwimanas II Bedah Rumah Warga

index 3 - Copy

MAGELANG, BANGKITMEDIA.COM

Di hari kedua dan ketiga Perwimanas II, Selasa (19/9/17) dan Rabu (20/9/17), peserta kemah diterjunkan untuk membantu bedah rumah warga melalui kegiatan Giat Bakti. Bedah rumah dilakukan di dua titik, yakni Desa Kebonrejo II pada hari Selasa (19/9/17), dan Desa Kebonrejo IV pada hari Rabu (20/9/17), yang semuanya terletak di Kecamatan Candimulyo, Magelang, Jawa Tengah.

Di hari pertama, ada dua rumah yang dibangun yang letaknya berdekatan. Begitu juga di hari kedua dibangun dua rumah. Adapun peserta yang diperbantukan pada hari pertama sejumlah tiga puluh enam, sedangkan hari kedua sejumlah tiga puluh.

Kegiatan bedah rumah tersebut dilaksanakan dengan menggandeng kelurahan setempat. Berdasarkan penuturan Khurniyati Rahayu Ningsih selaku seksi Giat Bakti, kegiatan tersebut bertujuan untuk memupuk jiwa gotong royong dan kerjasama antar sesama peserta Perwimanas II, serta memberi kontribusi nyata kepada masyarakat.

“Kalau bagi warga tujuannya untuk meringankan pekerjaan bedah rumah dan mempercepat pembanggunan, karena bantuan dari pemerintah untuk bedah rumah sendiri hanya berbentuk material, tidak boleh dialokasikan untuk membayar tenaga pekerja ataupun konsumsi,” tutur perempuan yang akrab dipanggil Ayu.

Untuk sasaran bedah rumah, Ayu melanjutkan, yakni warga kurang mampu yang mendapatkan bantuan dari pemerintah. “Rumah yang masih pagar bambu dan kondisinya sudah tidak layak,” tandasnya. (Anas)