Budaya

Sambut Hari Buruh dengan Aksi Melukis Kaligrafi

IMG_0944

BANTUL, BANGKITMEDIA.COM

Hari Buruh Nasional biasanya diwarnai dengan aksi demonstrasi atau aksi tuntutan lainnya. Namun, berbeda dengan Komunitas Pecinta Kaligrafi Yogyakarta, mereka mengisi Hari Buruh Nasional dengan aksi melukis kaligrafi, Senin, (01/05/2017). Dengan mengambil tema “Tingkatkan Etos Kerja dan Semangat Berkarya”, kegiatan ini bertujuan untuk menampung kreativitas para pecinta kaligrafi dan kemajuan seni kaligrafi.

Di Yogyakarta seniman dan para pelukis kaligrafi sudah banyak bermunculan, termasuk para pecinta dan penikmat seni kaligrafi tersebut. Hal ini terbukti dari sekolah-sekolah yang terdapat di Yogyakarta, Kaligrafi menjadi bagian dalam kegiatan ekstrakurikuler.

Toha Putra, selaku ketua panitia mengaku bahwa cukup sulit untuk mengumpulkan seniman kaligrafi di seluruh DIY. “Bermula dari adanya grup di sosial media muncullah ide untuk mengadakan acara ini, harapannya teman-teman seniman kaligrafi se- DIY bisa berkumpul lebih banyak untuk berkolaborasi, saling sharing, dan menghidupkan seni kaligrafi,” tuturnya.

Kegiatan ini sebagai awal pembentukan resmi Komunitas Kaligrafi Yogyakarta. Peserta yang ikut andil dalam aksi ini dapat bergabung menjadi anggota komunitas ataupun hanya sekedar mengikuti kegiatan. Antusias peserta terlihat saat acara berlangsung, mereka penuh semangat menggambar lukisan kaligrafi di atas kanvas dengan berbagai seni kreativitasnya.

Acara dimulai dari pukul 09.00 WIB, diawali dengan pembukaan dan sharing bersama Ustadz Syaiful Adnan selaku senior dalam bidang seni lukis. Renacananya hasil karya kaligrafi ini, akan dipamerkan menjelang bulan Ramadhan. (Yeni,Yuni, Nurul)