Pesantren

RMI-NU Jateng Selenggarakan Silatda Ayo Mondok

ayo mondok

SURAKARTA, BANGKITMEDIA.COM

Rabithah Ma’had Islamiyah (RMI) Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Tengah menggelar Silaturahim Ayo Mondok  Daerah (Silatda) Jateng-DIY, Selasa-Kamis (17-19/10) di Kompleks Kampus IAIN Surakarta Jawa Tengah. Tema yang diambil dalam acara ini adalah “Pesantren Pusat Pendidikan Karakter Nilai Luhur Bangsa dan Islam Moderat”. Acara ini diikuti oleh 350 peserta yang berasal dari banom-banom di lingkungan NU, media NU dan utusan dari pesantren-pesantren se-Jateng-DIY.

Dalam acara yang berlangsung tiga hari tersebut, akan digelar berbagai seminar dan pelatihan-pelatihan dengan mendatangkan narasumber yang ahli di bidangnya masing-masing. Salah satu pelatihan yang digelar pada acara ini adalah pelatihan website dan Sistem Informasi Pondok Pesantren (SIPONTREN) dengan narasumber Rohmad Eko Wahyudi.

Kegiatann pelatihan ini berlangsung selama tiga jam dimulai pada pukul 1 siang dan berakhir pada pukul 5 sore.

Website SIPONTREN ini merupakan suatu program untuk membantu mengelola manajemen pesantren seperti Penerimaan Santri Baru (PSB), Akademik, Keuangan, Perpustakaan, Pendataan Data Santri dan beberapa poin lainya yang berkaitan erat dengan santri. SIPONTREN ini berisi seputar sistem manajemen informasi pondok pesantren yang berbasis server namun berada dalam lingkungan internal pesantren sendiri.

“Ini merupakan sistem untuk manajemen pesantren yang berbasis server dan diletakkan di pondok pesantren untuk mengelola pondok pesantren  itu sendiri. Jadi datanya khusus ke pesantren bukan untuk publik,” ujar Rohmad.

Adanya pelatihan website SIPONTREN juga diharapkan mampu menjadi salah satu langkah untuk membuka paradigma pesantren tentang penerapan teknologi sehingga mampu mempermudah pekerjaan di pesantren agar lebih efektif dan efisien. (Siti Husnul Fauziah/Rokhim)