Berita

Pondok Pesantren An-Nur Gelar Haflah Khotmil Qur’an ke-20

BANTUL, BANGKITMEDIA.COM

Dalam rangka memperingati Haul Simbah KH. Nawawi Abdul Aziz dan Nyai Hj. Walidah Moenawwir serta peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Pondok Pesantren An-Nur Yogyakarta selenggarakan Haflah Khotmil Qur’an pada hari Kamis (23/11) yang bertempat di halaman Ponpes An-Nur, Ngrukem, Bantul, Yogyakarta.

Prosesi wisuda khotimat (santri putri) di mulai pukul 13.00 WIB dengan total peserta 230 santri yang meliputi khotimat Bil Hifdzi 20 orang, khotimat Bin Nadzri 64 orang, dan Khotimat Juz’amma sebanyak 146 orang. Selain itu untuk khotimat juga menampilkan peserta Qiro’ah Sab’ah atau macam-macam cara membaca Al-Qur’an yang berbeda. Sementara itu untuk prosesi wisuda khotimin (santri putra) dimulai pada pukul 18.00 WIB dengan total peserta 157 santri dengan rincian khotimin Bil Hifdzi 11 orang, khotimin Bin Nadzri 54 orang, dan khotimin Juz’amma sebanyak 92 orang. Acara ini juga dihadiri oleh tamu undangan yakni wali santri atau keluarga besar dari khotimin khotimat.

Dalam sambutan yang diberikan oleh KH. Muslim Nawawi selaku pengasuh Pondok Pesantren An-Nur, beliau berharap agar santri-santri yang telah diwisuda semakin bertambah semangat dan semakin istiqomah dalam hal mencari ilmu. “Semoga Khotimat yang telah diwisuda mendapatkan ilmu yang berkah, ilmu yang bermanfaat, dan ilmu yang bermaslahat, Min ahlil ‘ilmi, min ahlil khoir, wa min ahlil qur’an,” harap beliau di tengah-tengah sambutannya pada acara wisuda khotimat siang kemarin.

Acara Khotmil Qur’an diadakan setiap dua tahun sekali. Untuk tahun ini merupakan peringatan Haflah Khotmil Qur’an yang ke-20. “Haflah memang diadakan setiap tahun, namun di tiap Haflah itu ada selingan antara Khotmil Qur’an, dengan khataman TPQ dan ziarah Walisongo,” jelas Bani Idris, selaku salah satu panitia utama acara Khotmil Qur’an. Wisuda khotimin dan khotimat ini merupakan salah satu dari serangkaian acara yang telah diselenggarakan dari berbagai acara di hari-hari sebelumnya. Sebagai puncak acara, pada malam harinya akan diadakan pengajian akbar yang diisi oleh KH. Syarif Rahmat. (Fina/Rokhim)

donasi bangkit

Advertisement

Fans Page

Advertisement