Ngopii
Opini

Ngopi dengan yang Bukan Mahram?

Jagat maya lagi ramai soal peraturan salah seorang Bupati yang melarang seseorang ngopi semeja dengan yang bukan mahram/keluarga.

Ini aku kutipkan pernyataan Imam Malik bin Anas ra, ulama abad kedua hijriyah. Pemimpin ulama Madinah saat itu, ahli hadits, dan guru dari Imam Syafi’i, pemimpin Mazhab yang sekarang dianut Bangsa Indonesia, terutama masyarakat Aceh. Ini teksnya dalam kitab al-Muwatta.

 

قَالَ يَحْيَى سُئِلَ مَالِكٌ هَلْ تَأْكُلُ الْمَرْأَةُ مَعَ غَيْرِ ذِى مَحْرَمٍ مِنْهَا أَوْ مَعَ غُلاَمِهَا فَقَالَ مَالِكٌ لَيْسَ بِذَلِكَ بَأْسٌ إِذَا كَانَ ذَلِكَ عَلَى وَجْهِ مَا يُعْرَفُ لِلْمَرْأَةِ أَنْ تَأْكُلَ مَعَهُ مِنَ الرِّجَالِ قَالَ وَقَدْ تَأْكُلُ الْمَرْأَةُ مَعَ زَوْجِهَا وَمَعَ غَيْرِهِ مِمَّنْ يُؤَاكِلُهُ أَوْ مَعَ أَخِيهَا عَلَى مِثْلِ ذَلِكَ وَيُكْرَهُ لِلْمَرْأَةِ أَنْ تَخْلُوَ مَعَ الرَّجُلِ لَيْسَ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا حُرْمَةٌ

 

Kata Yahya: Imam Malik ditanya: bolehkah seorang perempuan makan bersama seorang laki-laki yang bukan mahram? atau dengan budak laki-lakinya? Imam Malik menjawab: Tidak apa-apa, jika dilakukan sebagaimana biasa umumnya dikenal orang-orang tentang: perempuan makan bersama laki-laki. Perempuan terkadang makan bersama suaminya, atau orang lain yang biasa mengajaknya makan bersama, atau saudaranya, seperti  itu. Yang dimakruhkan itu, jika perempuan menyendiri ke tempat sepi hanya berdua dengan laki-laki yang bukan mahram.

Itu kata Imam Malik ra, guru Imam Syafi’i. Mengapa Imam Malik berpendapat demikian? Karena banyak catatan hadits, dimana Nabi Saw juga para sahabat makan bersama dengan perempun yang bukan mahram. Di antaranya yang terkenal adalah Umm Sulaim, Umm Ammarah, dan Umm Syuraik.

Kalau sempat, nanti aku tulis lengkap dalam website www.mubaadalah.com.

Tetapi, teks-teks itu bicara mengenai makan bersama. Bukan ngopi bersama. Apa karena ngopi tidak ada masa itu? lalu hukumnya bid’ah? Dan ngopi bersama lalu haram? Entahlah, begitukah cara berpikir kita????

(KH Dr. Faqihuddin Abdul Kadir)

donasi bangkit

Advertisement

Fans Page

Advertisement