Penyerahan Bantuan
Berita

Lagi, Fatayat Tanggap Bencana: Ibu Hamil, Anak-anak Hingga Difabel Bahagia

KULONPROGO, BANGKITMEDIA.COM

Setelah berhasil menyalurkan bantuan korban bencana longsor dan banjir di daerah Bantul dan Gunung Kidul, Fatayat DIY pada Minggu 03 Desember 2017 kembali hadir memberi semangat baru pada korban bencana di Kulon Progo. Tidak tanggung-tanggung, aksi tahap ke-3 ini disalurkan pada 3 titik bencana, yakni Patuk Lor dengan korban 204 KK, Patuk Kidul 131 KK dan Patuk tengah 175 KK. Diantara para korban ada 6 ibu hamil, 43 balita dan 9 anak yatim.

Lokasi ini cukup parah, karena air baru surut di hari sabtu, sehingga korban banyak yang mengalami gatal-gatal, flu dan sakit perut.

“Kali ini kami menyalurkan bantuan selimut dewasa dan anak anak, peralatan sekolah karena banyak anak anak yang peralatan sekolahnya rusak akibat banjir. Kami juga memberikan sembako, mainan anak, obat-obatan dan yang terpenting adalah peralatan bayi dan ibu hamil seperti susu bayi, susu ibu hamil dan kebutuhan lansia,” jelas Yus mashfiyah, selaku koordinator tanggap bencana tahap ke-3.

Fatayat sebagai organisasi perempuan selain bergerak pada isu perempuan, Fatayat juga bergerak pada isu pendidikan,kesehatan dan sosial. Oleh karena itu, tanggap bencana yang dilakukan selain menyalurkan bantuan secara fisik, fatayat juga memberikan bantuan secara psikis bagi korban.

“kami juga memberikan pendidikan untuk menjaga lingkungan, supaya terhindar dari bencana banjir seperti menerapkan pendidikan karakter kepada anak untuk tidak membuang sampah di sungai juga cara mencuci tangan yang baik,” tambahnya.

Sama seperti kegiatan sebelumnya, Fatayat menggandeng pendongeng handal yakni kak Iwan RS yang juga merupakan alumni dari Pondok Peantren Krapyak untuk memberikan warna keceriaan bagi anak anak. Ada sekitar 150 anak anak yang mengikui kegiatan ini. Kegiatan berlangsung di Masjid Khoirul Anam dusun pathuk lor desa Tirto Rahayu kecamatan Galur Kabupaten Kulon Progo.

“Dongeng dan pemberian door prize mampu membuat anak-anak merasa senang sehingga mereka ingin suatu saat diberikan acara serupa yg membuat trauma banjir mereka hilang. Ini salah satu bentuk trauma healing yang sahabat Fatayat berikan untuk mereka,” kata Fetra Nur Hikmah,Pengurus Fatayat Bidang Sosial Budaya.

Para korban merasa senang dengan bantuan yang diberikan oleh Fatayat.

“Kami mendapatkan pesan dari teman PAC Fatayat Galur, kalau para korban merasa senang. Bahkan ibu Yam salah satu ibu hamil merasa sangat terbantu dengan susu ibu hamil dan peralatan bayi yang didapatkannya. Ada juga Mbak Jeni warga difabel, dia juga merasa senang dan mampu meredakan trauma yang dialaminya,” lanjutnya.

Aksi tanggap bencana ini belum selesai, masih ada titik-titik bencana yang akan dikunjungi sahabat Fatayat NU DIY. Dengan kerjasama yang dijalin antara pimpinan wilayah, pimpinan cabang sampai pimpinan anak cabang Fatayat NU, maka akan selalu bergerak untuk kemaslahatan umat.

“Terima kasih kepada para donatur yang mempercayakan kepada kami untuk menyalurkan aksi ini. Semoga amal ibadah diterima Allah SWT dan untuk para korban semoga bermanfaat,” ungkap Amaliyatul Ulya, salah satu koordinator keuangan Tim Fatayat Tanggap Bencana. (Muyas/Rokhim)