menghafal
Hikmah

Ini Tips Para Ulama Agar Mudah dalam Menghafal

Sebagai seorang santri maupun pelajar terkadang kita harus dituntut untuk tidak hanya menulis, membaca, maupun mendengarkan saja. Akan tetapi seorang pelajar, terlebih seorang santri, biasanya punya kewajiban untuk menghafalkan. Baik itu menghafalkan Al-Qur’an, nadloman, dan sebagainya.

Setiap santri pasti punya cara masing-masing untuk menjadikan hafalannya menjadi terasa mudah dan menyenangkan. Akan tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa tingkat kekuatan hafalan tiap orang memang beda-beda, dan biasanya tiap santri maupun pelajar pasti punya keluhan masing-masing saat mereka merasa kesulitan dengan kekuatan hafalannya.

Semua kesulitan-kesulitan itu bisa diatasi dengan beberapa tips-tips di bawah ini.

  1. Dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’an juga termasuk salah satu penyebab mudah hafal, karena pada dasarnya orang yang setiap harinya membaca Al-Qur’an dan hari-harinya dipenuhi dengan Al-Qur’an pasti hidupnya akan lebih tenang dan jarang punya kesempatan untuk berbuat maksiat maupun memikirkan hal-hal yang tidak penting. Sehingga dengan hati yang bersih itulah pikirannya akan lebih mudah menyerap dan menerima pelajaran yang sedang ia kaji.
  2. Melakukan siwak
  3. Makan kandar (kemenyan putih) dicampur gula
  4. Menelan kismis merah 21 butir setiap hari
  5. Mengurangi maksiat. Orang-orang yang terlalu sibuk dengan dunia bahkan terlalu banyak berbuat maksiat otomatis hati dan pikirannya akan kotor dan akan sangat terjadi kemungkinan baginya untuk mengalami kesulitan dalam menyerap pelajaran terlebih kesulitan saat menghafalkan sesuatu. Karena sejatinya Nur Allah itu akan sulit masuk di hati orang-orang yang terlalu banyak berbuat maksiat.
  6. Mengurangi makanan-makanan yang dapat memproduksi dahak atau cairan-cairan yang tidak diperlukan oleh tubuh. Karena terlalu banyak dahak dapat mengakibatkan seseorang menjadi pelupa.
  7. Mengurangi hal-hal yang dapat menyebabkan lupa diantaranya adalah makan buah ketumbar, buah apel masam, melihat salib, membaca tulisan pada batu nisan, lewat di sela-sela unta terakit, membuang hidup-hidup kutu ke tanah, dan berbekam pada palung tengkuk kepala.

Selain beberapa tips yang telah disebutkan di atas penyebab paling kuat agar mudah hafal adalah kesungguhan, kontinunitas, minimalisasi makan, dan perbanyak sholat malam. Semoga dengan beberapa tips di atas bisa menjadi perantara Allah mempermudah dalam proses menghafal dan juga mempermudah kita yang sedang berjuang untuk melawan kebodohan.

(Sumber : Terjemah Kitab Ta’limul Muta’alim)                                               

*) Oleh : Khoirotun Nisa’, Mahasiswi Magang UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

donasi bangkit

Advertisement

Fans Page

Advertisement