Berita

Ini Lima Konsep PMII Yang Harus Diketahui Calon Kader

PKD PMIIYogyakarta, BANGKITMEDIA. Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia atau yang dikenal PMII Rayon Pembebasan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga kembali menggelar Pelatihan Kader Dasar (PKD), Kamis-Senin (5-9/10). PKD ini merupakan acara tahunan dan kewajiban yang tidak boleh terlewatkan oleh berbagai Rayon, khususnya di UIN Sunan Kalijaga.

PKD yang berlokasi di Dusun Palem, desa Girikerto, Turi Sleman, D.I Yoyakarta itu dibuka dengan tahlilan bersama yang merupakan ciri khas PMII Rayon pembebasan. Hadir dalam acara pembukaan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Sunan Kalijaga Dr. KH. Waryono Abdul Ghafur, M.Ag, Pengasuh Pesantren Ali Maksum Yogyakarta KH. Hilmy Muhammad, Dosen Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Ahmad Sholehuddin serta lain-lain

Dalam sambutannya, Waryono menyampaikan lima konsep PMII yang harus diketahui oleh calon kader PMII Rayon pembebasan.

“Islamisme, nasionalisme, humanisme, dan intelektualisme serta sosialisme.  Di semua konsep itu bukan hanya dijadikan simbol belaka, tetapi benar-benar dipraktikkan dalam realitas sosial kemasyarakatan,” kata Waryono.

Waryono juga menegaskan bahwa kader PMII harus bergerak menuntaskan kemiskinan dan mengedepankan intelektual dalam merespons realitas sosial yang semakin amburadul.

PKD ini diikuti oleh 112 calon kader PMII Rayon pembebasan, yang merupakan jumlah terbanyak dalam pelatihan kader dasar.

“Jumlah sebanyak itu bukan hal yang mudah mendapatkannya. Persiapan pelaksanaan PKD ini memakan waktu kurang lebih tiga bulan lamanya dan alhamdulillah berjalan dengan baik” tutur Ketua Panitia Ferdiansyah dalam sambutannya.

Sementara itu, Ketua Rayon PMII Pembebasan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Khaerul Anam menekankan bahwa PKD yang dilakukan harus sesuai dengan prosedur yang telah

ditetapkan oleh pimpinan tertinggi serta termaktub dalam AD/ART PMII.

“Adapun penambahannya hanyalah bumbu penyedap bagi berlangsungnya acara PKD tersebut, seperti kedisiplinan, dan keseriusan peserta dalam mengikuti acara PKD PMII,” tandasnya. (Amiruddin/Rokhim)