amaliyah nabi di malam jum'at
Doa

Ini Amaliyah dan Doa Nabi Muhammad SAW di Malam Jumat

“Barang siapa bersholawat kepadaku sekali, maka Allah akan bersholawat kepadanya 10 kali.” (HR. Muslim)

Membaca sholawat kepada Kanjeng Nabi Muhammad adalah amaliyah yang sangat baik. Hadits yang diriwayatkan Imam Muslim ini sangat tegas mengajak umat Islam untuk memperbanyak sholawat kepada Nabi Muhammad, apalagi di malam Jum’at. Bacaan sholawat kepada Nabi di malam Jum’at sungguh besar pahalanya. Inilah yang dianjurkan Nabi kepada kita semua.

Alkisah, suatu hari ada sahabat yang memanggil Nabi tetapi Nabi tidak mempedulikannya. Sahabat itu bingung, kemudian mengejar Nabi. Ketika sudah dekat dengan Nabi, sahabat itu bertanya kenapa beliau tidak menjawab salam darinya. Ternyata, sahabat itu tidakn pernah mengucapkan sholawat kepada Nabi.

“Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling afdhol adalah hari Jum’at. Pada hari itu, Adam diciptakan dan diwafatkan, dan pada hari itu juga ditiup sangkakala dan akan terjadi kematian seluruh makhluq. Oleh karena itu, perbanyaklah sholawat di hari Jum’at karena sholawat akan disampaikan kepadaku.” (HR. Abu Dawud, An-Nasai, dan lainnya).

Ini jelas menjadi dasar penting bahwa memperbanyak baca sholawat di malam Jum’at adalah amaliyah utama bagi umat Nabi Muhammad.

Selain sholawat Nabi, membaca surat al-Kahfi juga dianjurkan pada malam Jum’at. Ini sesuai dengan dengan hadits berikut ini:

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ، أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ (أَوْ بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ)

“Barangsiapa yang membaca surat al-Kahfi pada hari Jum’at, maka Allah meneranginya dengan cahaya antara hari tersebut dengan Baitul Atiq atau: di antara dua Jum’at.” (Diriwayatkan oleh ad-Darimi; an-Nasa`i dalam al-Yaum wa al-Lailah; al-Hakim dan al-Baihaqi: dari hadits Abu Sa’id secara mauquf dan marfu’.)

Pada malam Jum’at ini, kita juga dianjurkan baca istighfar berikut ini, sesuai dengan sabda Rasulullah SAW:

Barangsiapa yang membaca doa berikut tujuh kali pada malam Jum’at, kemudian ia mati pada malam itu, ia akan masuk ke surga; barangsiapa yang membacanya pada hari Jum’at, lalu ia mati pada hari itu, maka ia akan masuk ke surga”:

اَللَّهُمَّ اَنْتَ رَبّي لاَ اِلَهَ إلاَّ اَنْتَ خَلَقْتَنِي وَاَنَا عَبْدُكَ وَابْنُ اَمَتِكَ وَفِي قَبْضَتِكَ وَنَاصِيَتِي بِيَدِكَ اَمْسَيْتُ عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْـتَطَعْتُ اَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ شَـرِّ مَا صَنَعْتُ اَبُوءُ بِنِعْمَتِكَ وَاَبُوءُ بِذُنُوبِى فَاغْفِرْ لِى ذُنُوبِى اِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إلاَّ اَنْتَ .

Artinya : Ya Allah, Engkaulah Tuhanku tiada Tuhan kecuali Engkau. Engkaulah yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu putera hamba-Mu berada dalam genggaman-Mu dan nasibku berada di tangan-Mu. Aku memasuki petang ini atas perjanjian kepada-Mu sesuai dengan kemampuanku, aku berlindung dengan ridha-Mu dari keburukan perbuatanku, aku kembali kepada-Mu dengan nikmat-Mu dan aku kembali kepada-Mu dengan membawa dosa-dosaku, maka ampuni dosa-dosaku, karena tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.

Ada banyak doa yang bisa dilantunkan di malam Jum’at. Kita dianjurkan memperbanyak doa, istighfar, dan lainnya. Dengan doa-doa yang dilantunkan, malam Juma’t akan dipenuhi keberkahan sepanjang hayat. (mm/md).

 

 

Iklan

Fans Page

Iklan