Jenaka

Duduk di Samping Kyai Dapat Berkah

IMG-20170322-WA0025

 Sleman, Bangkitmedia– Dalam Workshop Perbankan Syariah yang diselenggarakan di Pon. Pes. Sunan Pandanaran, Senin (20/3/17), Dr. Adiwarman Karim selaku salah satu pemateri mengadakan kuis yang berhadiah uang tunai. “Ayo siapa yang bisa jawab pertanyaan, ane kasih gocap (50 ribu_red),” sambil melambaikan uang di hadapan seluruh peserta yang hadir. Spontan peserta yang mayoritas santri langsung terbangun dari kantuknya.

Singkat cerita, tiba di pertanyaan ketiga dan beliau masih terus mengeluarkan lagi uang gocap dari kantongnya. “Tafriiqul halaala…….., apa terusannya?” Kata beliau sambil melambaikan uangnya. Di pertanyaan ketiga ini peserta kebingungan menjawab. Sampai-sampai moderator tertarik juga untuk mendapatkan uang tunai. Terpikir olehnya untuk menanyakan jawaban kepada Kyai Cholil, yang juga jadi pemateri.

Sambil berbisik moderator bertanya, “Pak Kyai, kira-kira apa terusan dalil yang barusan disampaikan?” “Kamu jawab saja ‘anil haram,” kata Kiai Cholil. Moderator dengan penuh keyakinan mengacungkan jari. “Pak Adi saya jawab, terusan dalilnya ‘anil haram.” Dr. Adiwarman pun berjalan ke arah moderator sambil memberikan hadiahnya. “Wah bener jawaban ente, ini gocap-nya buat ente.”

Moderator senang bukan kepalang karena bisa menjawab dengan benar. Si moderator berbisik kembali pada Kyai Cholil, “Pak Kyai ini hadiahnya 50 ribu, ini haknya Pak Kyai karena yang tau jawabannya. Tadi saya hanya menyampaikan saja.” Kyai Cholil tersenyum, ”Ini jatahnya untuk sampean, seharusnya sampean tunggu dulu Pak Adi ngeluarin selembar lagi dari kantongnya baru jawab, kayak pertanyaan kedua tadi dapetnya jadi seratus.”

Mendengar jawaban itu moderator mesam-mesem sambil bergumam dalam hati, ”Gak papa Pak Kyai, udah syukur dapet 50 ribu, memang selalu ada keberkahan kalau duduk di samping kyai, hehehehe.” (Hilman Fauzi)

Tambah komentar

Klik untuk komentar